Tips Mulai Aktif Berolahraga Bagi yang Malas Bergerak Sebelumnya

Sabtu, 27 November 2021 13:27 WIB
Editor: Isman Fadil
© Media Persikabo
Tim Persikabo lakuka variasi latihan dengan ikuti olahraga Yoga. Copyright: © Media Persikabo
Tim Persikabo lakuka variasi latihan dengan ikuti olahraga Yoga.

INDOSPORT.COM - Jika Anda sebelumnya jarang atau sama sekali tidak pernah berolahraga, biasanya akan bingung untuk memulai dari mana. Bagi anda yang ingin memulai olahraga sebaiknya mulai dari olahraga yang ringan.

Hal tersebut agar membiasakan Anda dalam menggemari olahraga itu sendiri. Berikut tips utuk Anda agar bisa mulai aktif berolahraga seperti yang dikutip dari Hellosehat:

Untuk memulainya, Anda harus punya komitmen untuk menetapkan tujuan olahraga yang akan Anda lakukan. Berdasarkan penelitian, motivasi olahraga yang digabung dengan rencana aktivitas nyata akan lebih berhasil untuk diwujudkan.

Contohnya seperti menuliskan aktivitas yang Anda rencanakan selama 4 pekan ke depan. Mulai dari kegiatan fisik apa yang akan Anda lakukan, berapa lama Anda akan melakukannya, dan kapan Anda akan selesai melakukannya.

Rencana aktivitas ini akan menjelaskan apa yang seharusnya Anda lakukan dan agar Anda dapat melihat dan menganalisis sejauh mana kemajuan setelah memulai olahraga.

Lalu, bagaimana cara memulai untuk berolahraga? Mulailah dengan melakukan lebih banyak aktivitas ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya seperti contoh sederhana berikut ini:

Saat berangkat ke kantor, cobalah untuk memilih naik tangga dibanding naik lift atau eskalator.

Anda juga bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan atau sekadar naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang.

Saat libur, Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan di taman, melakukan workout ringan, atau sekadar jogging di pagi hari.

Terkadang dengan perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari bisa membantu Anda menjadi lebih aktif berolahraga.

Lambat laun tubuh juga akan menyesuaikan diri dengan aktivitas yang Anda lakukan. Setelahnya, barulah Anda bisa beralih ke olahraga yang lebih berat, seperti angkat beban, atau berlatih bela diri.

Berapa lama normalnya Anda harus berolahraga?

Sesuai dengan rekomendasi WHO, Anda disarankan untuk melakukan kegiatan olah fisik ini dengan aktivitas sedang selama 150 menit per minggu. Tapi jika ingin melakukan olahraga yang berat, Anda bisa melakukannya selama 75 menit saja.

Selama waktu berolahraga, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga terus menerus. Coba bagi beberapa sesi dalam satu hari. Lalu, American Heart Association (AHA) menyarankan sebagai berikut:

Lakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggunya, Atau lakukan selama 30 menit saja setiap hari. Bisa dilakukan dengan bersepeda atau berjalan cepat keliling lingkungan rumah.

Sedangkan untuk olahraga yang berat, cukup lakukan selama kurun waktu 25 menit saja per harinya. Di sini Anda bisa berolahraga seperti angkat beban, muaythai, atau bahkan bermain sepak bola atau futsal.