5 Olahraga Olimpiade Beijing yang Punya Nama Unik dan Asing di Telinga

Jumat, 4 Februari 2022 21:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Edgar Su/File Photo
Olahraga skeleton olimpiade musim dingin. Foto: REUTERS/Edgar Su/File Photo. Copyright: © REUTERS/Edgar Su/File Photo
Olahraga skeleton olimpiade musim dingin. Foto: REUTERS/Edgar Su/File Photo.

INDOSPORT.COM - Olimpiade Beijing 2022 resmi dibuka pada hari Jumat tanggal 4 Februari 2022 dengan upacara yang digelar di National Stadium.

Sebelumnya, gelaran olimpiade musim dingin ke-XXIV ini sempat diwarnai sejumlah drama sebelum perhelatannya digelar. Beberapa di antaranya boikot diplomatik, penyebaran Covid-19, hingga aksi protes massal.

Akan tetapi, hal-hal tersebut tidak menyurutkan semangat IOC selaku badan olahraga terkait dan juga Beijing sebagai tuan rumah pelaksana.

Tidak berbeda jauh dengan olimpiade musim panas (summer olympics), winter olympics juga bakal menyajikan penampilan-penampilan menarik dari para atlet peserta. Hanya saja, cabor olahraganya yang berbeda.

Untuk olimpiade musim dingin, yang dipertandingkan adalah olahraga di es dan salju. Padahal, tidak semua negara di bumi ini punya iklim dingin.

Namun para atlet dari negara-negara tropis tetap bisa berpartisipasi selama ia berhasil lolos di ajang kualifikasi. Hanya saja, sampai saat ini belum ada yang berhasil menggondol medali ketika berkompetisi di ajang lintas iklim.

Olimpiade musim dingin pertama sendiri digelar di Prancis pada 1924 dan sempat terjeda akibat pecahnya perang dunia. Dari waktu ke waktu, winter olympics dingin terus berkembang meski tidak seramai summer olympics.

Bahkan tidak dapat dipungkiri, ketika orang-orang mengenal cabor populer seperti bulutangkis, sepak bola, dan yang lain, mungkin akan merasa awam jika mendengar jenis olahraga yang dipertandingkan di olimpiade musim dingin.

Beberapa di antaranya pun seperti aneh dan tidak familier di dengar. Nah, berikut lima cabor unik tersebut yang juga dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2022. Apa saja?