Bola Internasional

Pakar Sepak Bola Vietnam Ciut Lihat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Rabu, 6 April 2022 20:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pakar Sepak Bola Vietnam Ketakutan dengan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pakar Sepak Bola Vietnam Ketakutan dengan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Meski bertindak sebagai tuan rumah dari ajang SEA Games 2021, Vietnam tidak bisa jemawa di cabang olahraga sepak bola.

Timnas Indonesia U-23 diyakini akan jadi favorit untuk merebut medali emas mengingat mereka punya kualitas pemain yang apik.

Pelatih Shin Tae-yong akan bisa memanggil nama-nama pemain yang sudah sanggup menembus level senior ke dalam skuatnya nanti.

Contohnya saja Rachmat Irianto, Alfreandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara, hingga Ramai Rumakiek.

Negara-negara Asia Tenggara lain sebenarnya masih cukup beruntung karena timnas Indonesia sepertinya tak akan bisa memanggil pemain yang berkarier di luar negeri macam Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, maupun Asnawi Mangkualam.

Kondisi ini disadari betul oleh pengamat sepak bola sekaligus mantan Sekjen Federasi Vietnam (VFF), yakni Phan Anh Tu.

Tergabungnya timnas Indonesia dan Vietnam dalam Grup A bersama Myanmar, Filipina, dan Timor Leste membuat Phan cukup cemas namun setidaknya ada keuntungan kecil yang bisa diambil.

Setidaknya jika The Golden Star Warriors melaju ke fase gugur maka mereka tidak perlu berjumpa lagi dengan Tim Garuda muda. Peluang mereka untuk ke final pun semakin besar.

"Vietnam U-23 masuk dalam grup sulit. Indonesia di sini jelas jadi lawan yang harus paling diwaspadai. Filipina dan Myanmar pun selalu siap meberi kejutan," beber Phan Anh Tu seperti yang dikutip dari Zing.

"Indonesia akan punya banyak pemain dari tim yang mereka kiri ke Piala AFF 2020. Tekhnik dan taktik mereka pun semakin membaik. Bisa jadi mereka adalah lawan Vietnam di partai puncak nanti," tambahnya lagi.