Bola Internasional

Jelang SEA Games 2021, Park Hang-seo Tebar Psywar: Untuk Apa Saya Takut dengan Timnas Indonesia?

Senin, 11 April 2022 16:41 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam U-23 mengaku tak gentar kendati harus berjumpa dengan timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021 nanti. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam U-23 mengaku tak gentar kendati harus berjumpa dengan timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021 nanti.

INDOSPORT.COM - Jelang dimulainya SEA Games 2021 tidak ada rasa takut sama sekali yang dirasakan oleh Park Hang-seo selaku pelatih kepala tim nasional sepak bola U-23 Vietnam.

Kendati harus berjumpa timnas Indonesia U-23 di fase grup, juru taktik asal Korea Selatan tersebut enggan merasa cemas karena yakin akan kekuatan anak-anak asuhnya sendiri.

Kendati Vietnam akan bertindak sebagai tuan rumah dari SEA Games 2021 nanti, namun di cabang olahraga sepak bola timnas Indonesia diunggulkan untuk meraih emas.

Pasalnya saat ini Garuda Muda tengah diperkuat pemain-pemain generasi emas yang bahkan diantaranya sudah bisa menembus timnas senior.

Sebut saja Ronaldo Kwateh, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinand, Syahrian Abimanyu, Ramai Rumakiek, Hanis Saghara, dan Alfeandra Dewangga.

Itu belum termasuk para pemain U-23 yang merumput di luar negeri yang mungkin masih belum tentu bisa dipanggil macam Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan.

Faktor kolega satu negara Park Hang-seo yakni Shin Tae-yong sebagai nakhoda timnas Indonesia U-23 juga tak bisa diremehkan. Pria 52 tahun itu dalam waktu relatif singkat bisa membangkitkan kembali raksasa tidur.

Dengan materi skuad yang masih sangat hijau, Shin Tae-yong bahkan bisa membawa timnas Indonesia menjadi finalis Piala AFF 2020 lalu dimana Park Hang-seo dan Vietnam harus puas di empat besar saja.

Tidak heran jika media termasuk media Vietnam berpikir bahwa Park Hang-seo cemas soal SEA Games 2021 nanti namun yang bersangkutan memastikan ia tidak takut pada timnas Indonesia.

"Aku rasa para jurnalis terlalu membesar-besarkan hal ini. Aku sama sekali tidak pusing dengan SEA Games. Kenapa pula aku harus takut pada Indonesia?," ungkap Park Hang-seo seperti yang dikutip dari Zing News.