Sutjiati Narendra Tak Bisa Wakili Indonesia di SEA Games, Deddy Corbuzier Ikut Geram

Rabu, 20 April 2022 15:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pesenam ritmik, Sutjiati Narendra. Foto: [email protected]

INDOSPORT.COM – Pesenam kelahiran Amerika yang membela Timnas Indonesia, Sutjiati Narendra, baru-baru ini menyerukan kekesalahannya karena tidak bisa tampil di SEA Games. Hal ini membuat presenter kondang Deddy Corbuzier ikut geram.

Pesenam yang memiliki nama lengkap Sutjiati Kelanaritma Narendra menulis surat terbuka lewat akun Instagram-nya pada hari setelah dipastikan tidak dikirim ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Seperti diketahui, Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) hanya memberangkatkan atlet dari 32 cabang olahraga ke SEA Games 2021, dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah cabor yang dipilih berpotensi mendulang medal.

Ada sekitar 18 cabor SEA Games  yang ternyata tidak masuk prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), salah satunya cabor yang digeluti Sutjiati, yakni senam ritmik.

Keputusan Kemenpora ini membuat Sutjiati kecewa. Pasalnya, dirinya sudah berkorban menanggalkan kewarganegaraan Amerika demi totalitas mewakili Indonesia di turnamen internasional.

Peraih dua medali emas PON Papua 2020 itu pun terpaksa mengubur impiannya tampil di SEA Games. Padahal, tahun-tahun emasnya sebagai pesenam sudah hampir habis.

Dalam surat terbukanya, Sutjiati menceritakan kronologi dirinya memutuskan membela Indonesia. Dia rela meninggalkan tim Olimpiade Amerika yang faktanya punya fasilitas lengkap dan canggih.

Di akhir, dia menyerukan perlunya merekonstruksi sistem organisasi olahraganya. Menurutnya, jika Indonesia ingin mencetak atlet elite sekelas internasional, program jangka panjang harus jadi prioritas.

Curhatan atlet yang baru berusia 18 tahun ini nampaknya memancing Deddy Corbuzier ikut mengeluarkan komentas pedasnya.