Medali SEA Games Vietnam Akhirnya Ditunjukkan ke Publik, Desainya Unik dan Penuh Makna

Selasa, 26 April 2022 16:35 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Sea Games Vietnam. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Sea Games Vietnam.

INDOPORT.COM - Penyelenggara SEA Games Hanoi, Vietnam akhirnya menunjukkan bentuk medali yang akan diberikan kepada para pemenang ke hadapan publik.

SEA Games Vietnam akan dilangsungkan pada 12 hingga 23 Mei 2022 mendatang. Dilansir laman resmi SEA Games Hanoi, pembuatan desain medali telah rampung. 

Sekitar 4.000 medali emas, perak, dan perunggu akan diberikan kepada atlet terbaik yang tampil pada 40 cabang olahraga.

Medali pada SEA Games Hanoi terbuat campuran tembaga dan seng dengan komposisi tembaga merah menyumbang lebih dari 85 persen. 

Medali Sea Games Vietnam 2021. Sumber Hanoi Department of Culture and Sports

Medali emas, akan berlapis emas 24 karat, pun demikian dengan medali untuk atlet yang menempati runner-up yang dilapisi perak, dan perunggu dilapisi tembaga.

Setiap medali memiliki ketebalan 5mm dengan gambar maskot SEA Games Hanoi yakni Saola yang timbul di satu sisi medali. 

Sementara sisi lainnya adalah logo timbul dari perhelatan ajang dua tahunan tersebut. Untuk menjaga daya tahan, setiap medali pada bagian dalam akan dibalut tiga lapisan dan ditutup dengan lapisan tambahan di bagian luar. Tali untuk medali terbuat dari kain tenun.

Logo tangan berbentuk V pada medali terinspirasi dari gambar para atlet yang meletakkan tangan mereka pada dada kiri saat menyanyikan lagu kebangsaan negara masing-masing.

Sedangkan sayap biru yang menanjak melambangkan semangat keberanian, cita-cita untuk menaklukkan pencapaian dan semangat baru serta persahabatan.