Bola Internasional

SEA Games 2021: Respect! Bintang Laos Selamatkan Nyawa Pemain Kamboja yang Kolaps di Tengah Lapangan

Selasa, 10 Mei 2022 18:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
At Viengkham dari Laos U-23 pamer sportivitas luar biasa dengan memberi pertolongan pertama untuk Phat Sokha, penggawa Kamboja U-23, yang kejang di lapangan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
At Viengkham dari Laos U-23 pamer sportivitas luar biasa dengan memberi pertolongan pertama untuk Phat Sokha, penggawa Kamboja U-23, yang kejang di lapangan.

INDOSPORT.COM - Tragedi besar nyaris saja mewarnai gelaran cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 pada Senin (09/05/22) lalu.

Saat tengah bertanding menghadapi Laos U-23 dalam lanjutan persaingan Grup B, salah satu pemain Kamboja U-23 yakni Phat Sokha mengalami kejang usai bertubrukan dengan pemain lawan.

Situasi kemudian dibanjiri kepanikan karena biasanya kejang usai benturan di sepak bola dapat berujung pada masalah yang lebih serius hingga kematian.

Beruntung ada bintang Laos U-23 bernama At Viengkham yang mampu bereaksi sigap untuk melakukan pertolongan pertama.

Viengkham tidak membuang waktu untuk segera membuka mulut Sokha dengan tujuan menahan lidahnya agar tidak tertelan.

Jika sampai tertelan maka seseorang yang mengalami kejang bisa tewas tercekik akibat saluran pernapasannya terhalang.

Viengkham bahkan tidak keberatan jika jarinya tergigit oleh Sokha yang memang sudah jadi resiko penolong korban kejang.

Setelah tim medis kemudian menangani Phat Sokha lebih lanjut dan defender 19 tahun milik klub Nagaworld tersebut bahkan diberi izin untuk langsung bermain lagi.

Seharusnya yang bersangkutan lebih baik digantikan untuk mendapat pemeriksaan di luar lapangan namun setidaknya pertandingan disemelatkan dari insiden horor yang bisa menyebabkan trauma besar.