Futsal

Sempat Tak Dianggap, Timnas Futsal Justru Sumbang Medali di SEA Games 2021

Selasa, 17 Mei 2022 17:15 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC Indonesia/MP Media/Loius Figo
Timnas futsal Indonesia membantai tim Malaysia dengan skor telak 3-0 pada babak penyisihan SEA Games 2021 Vietnam di Ha Nam Gymnasium, Senin (16/5). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Loius Figo Copyright: © NOC Indonesia/MP Media/Loius Figo
Timnas futsal Indonesia membantai tim Malaysia dengan skor telak 3-0 pada babak penyisihan SEA Games 2021 Vietnam di Ha Nam Gymnasium, Senin (16/5). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Loius Figo

INDOSPORT.COM - Timnas Futsal Indonesia berhasil membuat Kementrian Pemdua dan Olahraga (Kemenpora) tertunduk malu setelah sempat meremehkan cabor futsal sebelum SEA Games.

Sebelumnya Kemenpora hanya akan mengirim sebanyak 31 cabang olahraga ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Futsal jadi salah satu cabor yang dianggap tak berpotensi memberikan sumbangsih medali ke Indonesia.

Selain itu, Kementrian Pemuda dan Olahraga juga beranggapan futsal Indonesia memiliki catatan jejak minim prestasi yang menjadi salah satu alasan selain kekurangan dana yang diklaim Kemenpora.

Padahal sebelum gelaran SEA Games, Timnas Futsal Indonesia baru saja membangun kekuatan pascaroda kepelatihan beralih dari Kensuke Takahashi ke pelatih anyar asal Iran, Mohammad Hashemzadeh.

Setelah menunjuk pelatih baru Federasi Futsal Indonesia (FFI) langsung mengirim penggawa timnas ke ajang AFF Futsal tahun 2022 ini. Tak disangka-sangka mereka berhasil menembus babak final.

Bahkan di babak sebelumnya Timnas Futsal Indonesia berhasil mengatasi Malaysia dengan skor telak sebelum akhirnya menantang juara futsal Asia Tenggara, Thailand di babak final.

Sempat unggul 2-0 hingga akhir babak pertama, timnas harus rela kecolongan pada menit akhir gim kedua setelah Thailand berhasil menyamakan kedudukan. Dan memaksa babak berlanjut ke perpanjangan waktu.

Namun sayang, hingga babak perpanjangan selsesai, kedua tim masih bermain imbang yang mengharuskan adu tos-tosan. Pada babak ini timnas gagal dan akhirnya kalah dengan skor 5-4 di babak adu penalti.

Meski tampil apik, Kemenpora tak tertarik memberangkatkan timnas Futsal Indonesia ke ajang SEA Games di Vietnam. Hal ini sempat menjadi polemik di media sosial.

Hingga akhirnya Kemenpora menarik keputusan untuk tidak memberangkatkan Timnas Futsal Indonesia Putra ke SEA Games 2021. Kini futsal menjadi cabor yang telah memastikan meraih medali di ajang multi-olahraga ini.