Keren! Pertajam Rekor Dunia, Atlet Panjat Tebing Indonesia Kembali Beraksi Bak Spiderman

Sabtu, 28 Mei 2022 15:15 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Instagram/kiromalk
Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin. Copyright: © Instagram/kiromalk
Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin.

INDOSPORT.COM – Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin kembali menunjukkan aksinya bak Spiderman usai sukses mempertajam rekor dunia yang dipertahankannya.

Kiromal Katibin sendiri baru saja unjuk gigi di babak kualifikasi di World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Amerika Serikat (AS), Jumat (28/5/22) waktu setempat.

Bak Spiderman, Kiromal Katibin tampak tak mengalami kesulitan saat tampil di mana ia sukses mempertajam rekor dunianya.

Tercatat, Kiromal mampu mempertajam rekor dunia nomor speed putra dengan 5,10 detik saat berlaga pada babak kualifikasi di IFSC.

Melansir dari Antara, ini bukan pertama kalinya Kiromal Katibin mencatatkan prestasi membanggakan di cabor panjang tebing.

Pasalnya, ini merupakan kedua kalinya atlet panjat tebing putra Indonesia itu mempertajam rekor dunia dalam satu tahun terakhir.

Pertama, Kiromal Katibin mampu menobatkan diri sebagai pemegang rekor dunia saat tampil pada ajang yang sama di Salt Lake City, 28 Mei 2021, dengan membukukan 5.25 detik.

Lalu pada 6 Mei 2022 di Seoul, Korea Selatan, dia mempertajam rekor miliknya menjadi 5,17 detik. Kini, atlet 20 tahun itu kembali menegaskan diri sebagai yang tercepat olahraga speed climbing dunia.

Veddriq Leonardo, rekannya senegaranya menyusul pada posisi kedua kualifikasi dengan 5,28 detik. Kedua atlet Indonesia menjadi yang tercepat di antara 45 kontestan yang turut serta pada babak kualifikasi.

Atas prestasi Kiromal Katibin yang membanggakan tersebut, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengucapkan selamat.