Panjat Tebing Kembali Mendunia, Kemenpora Targetkan Tembus Olimpiade Paris

Rabu, 1 Juni 2022 18:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Instagram@kiromalk
Kemenpora menargetkan atelt panjat tebing, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, bisa menembus Olimpiade Paris pada 2024 mendatang. Copyright: © Instagram@kiromalk
Kemenpora menargetkan atelt panjat tebing, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, bisa menembus Olimpiade Paris pada 2024 mendatang.

INDOSPORT.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menargetkan atelt panjat tebing, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, bisa menembus Olimpiade Paris pada 2024 mendatang.

Atlet panjat tebing, Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo, baru-baru ini mengharumkan nama Indonesia dengan menunjukkan prestasinya di kejuaraan dunia di Salt Lake City Amerika Serikat, Sabtu (28/05/22).

Veddriq Leonardo diketahui sukses menjuarai nomor speed putra pada ajang World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022.

Veddriq Leonardo sempat tergelincir dan kesulitan mencapai puncak. Namun atlet asal Pontianak itu bisa mengatasi kesulitannya untuk menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 6,33 detik.

Sementara atlet panjat tebing Indonesia lainnya, Kiromal Katibin, juga sukses mengukir sejarah dengan mempertajam rekor dunia pada babak penyisihan dengan raihan 5,10 detik.

Sayangnya, langkahnya terhenti di babak perempat final usai tergelincir saat berhadapan dengan wakil Polandia, Marcin Dzienski.

Cabang olahraga panjat tebing sendiri masuk dalam salah satu program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Berkaca pada prestasi  Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin, Kemenpora optimis ada wakil Indonesia yang bisa lolos kualifikasi ke Olimpiade Paris.

Oleh karena itu, Kemenpora siap mendukung dan memfasilitasi atlet panjat tebing untuk melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) sepanjang tahun sebagai persiapan menatap Olimpiade Paris 2024.

Dilansir dari Antara, Veddriq, Katibin dan pelatih Hendra Bashir, tidak akan istirahat lama. Mereka akan langsung mengikuti pelatnas dan periodeisasi dari tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan, termasuk uji coba.