In-depth

Profil Elnaz Rekabi, Atlet Iran yang Tuai Kontroversi Usai Berkompetisi Tanpa Hijab

Senin, 24 Oktober 2022 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/elnaz.rekabi
Atlet panjat tebing Iran, Elnaz Rekabi. Foto: instagram/elnaz.rekabi. Copyright: © instagram/elnaz.rekabi
Atlet panjat tebing Iran, Elnaz Rekabi. Foto: instagram/elnaz.rekabi.

INDOSPORT.COM - Atlet panjat tebing Iran, Elnaz Rekabi, belakangan menjadi buah bibir usai terlihat tidak memakai hijab saat berkompetisi.

Belum lama ini, Elnaz Rekabi memang membuat publik Iran terkaget-kaget karena tampil tanpa penutup kepala/rambut di sebuah kompetisi di Korea Selatan.

Atlet berusia 33 tahun tersebut tampil di Seoul, Korea Selatan, pada hari Minggu (16/10/2022), ketika ia tidak menggunakan penutup rambut yang diwajibkan bagi para perempuan Iran.

Setelah penampilannya tersebut menjadi isu besar yang diperbincangkan, Elnaz Rekabi pun sempat dikabarkan ‘menghilang’ setelah mendarat di Teheran beberapa waktu lalu.

Kekhawatiran terhadap keselamatan sang atlet pun sempat mencuat tidak lama usai ia meninggalkan Korea Selatan menggunakan pesawat.

Apalagi, seperti pernah diwartakan The Guardian, sang kawan sempat tidak dapat menghubunginya sepulang dari kompetisi di Korea Selatan.

Pengakuan Elnaz Rekabi

Situs berita Iran Wire mengatakan, kepala federasi panjat tebing Iran telah menjanjikan perjalanan yang aman ke Iran jika bersedia menyerahkan telepon dan paspornya.

Seampainya di Teheran, Elnaz Rekabi pun meminta maaf atas apa yang terjadi dan bersikeras bahwa penutup rambutnya terlepas secara tidak sengaja.

“Saya sibuk memakai sepatu dan alat-alat saya. Itu menyebabkan saya lupa dengan hijab saya dan kemudian pergi berlomba,” ucapnya seperti diwartakan ESPN.

Masaih dalam laporan yang sama, pihak Elnaz Rekabi juga memastikan sang atlet saat itu berada di ruang tunggu khusus perempuan saat menanti gilirannya.