5 Detik! Kiromal Katibin “Spiderman Indonesia’ Kembali Cetak Rekor Dunia Panjat Tebing

Minggu, 10 Juli 2022 12:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@kiromalk
Atlet panjat tebing Indonesia mendunia lagi. Kiromal Katibin untuk kali kelima mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam kejuaraan dunia di Prancis. Copyright: © Instagram@kiromalk
Atlet panjat tebing Indonesia mendunia lagi. Kiromal Katibin untuk kali kelima mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam kejuaraan dunia di Prancis.

INDOSPORT.COM – Atlet panjat tebing Indonesia mendunia lagi. Kiromal Katibin untuk kali kelima mempertajam rekor dunia miliknya sendiri dalam kejuaraan dunia di Prancis.

Julukan ‘Spiderman Indonesia’ layak disematkan kepada Kiromal Katibin yang digadang menjadi manusia tercepat berkat prestasi berulang di dunia panjat tebing.

Pria kelahiran 21 Agustus 2000 itu secara berulang mencetak rekor dunia tahun ini di berbagai kejuaraan panjat tebing yang dia ikuti.

Teranyar, Kiromal Katibin sukses mencetak rekor di babak kualifikasi nomor speed International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, Jumat (8/7/22).

Kiromal Katibin melesat menjajaki dinding setinggi 15 meter hanya dalam catatan waktu 5,009 detik atau pembulatan menjadi 5,00 detik.

“Saya sangat senang sekali. (Raihan rekor) ini terjadi karena saya berlatih dengan keras. Terima kasih atas semua doa dari masyarakat,” ucap Kiromal Katibin melansir laman Antara.

Kiromal Katibin berharap bahwa catatan rekor yang dia torehkan di IFSC World Cup 2022 itu menjadi lecutan semangat bagi atlet panjat tebing Indonesia untuk kian berjaya.

“Semoga dengan ini, panjat tebing Indonesia semakin berjaya,” lanjut Kiromal Katibin.

Sebagai informasi, sejak 28 Mei 2021 di mana Kiromal Katibin mencatatkan namanya dalam rekor dunia di kejuaraan panjat tebing Salt Lake City, Amerika Serikat, Pria asal Batang, Jawa Tengah itu, terus membuat sejarah dengan lima kali mempertajam catatan waktu.

Kiromal Katibin sebelumnya juga memperbaiki waktunya di World Cup 2022 di Seoul, Korea Selatan, dengan catatan waktu 5,71 detik pada 6 Mei 2022.

Kemudian, pada 27 Mei 202, dia mencatakan rekor 5,10 detik di Salt Lake City. Lalu Kiromal Katibin juag dua kali mempertajam rekor di Villars Swiss pada 30 Juni 2022.