Atlet Panjat Tebing Indonesia Mendunia Lagi! Bikin Rekor di Luar Nalar

Jumat, 1 Juli 2022 08:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram/kiromalk
Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin. Copyright: © Instagram/kiromalk
Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin.

INDOSPORT.COM - Atlet panjat tebing Indonesia mendunia lagi. Kali ini, Kiromal Katibin lagi-lagi mencetak rekor tercepat di dunia, yang ketiga kalinya di 2022.

Gelar manusia tercepat di dunia layak disematkan pada sosok Kiromal Katibin, atlet panjat tebing Indonesia yang berulang kali mencetak rekor dunia tahun ini.

Rekor tersebut ia dapatkan saat tampil di gelaran Speed ​​and Lead World Cup di Villars-sur-Olllon, Swiss, Kamis (30/6/22).

Kiromal Katibin melesat menanjaki dinding setinggi 15 meter hanya dalam waktu 5,097 dan 5,04 detik, pada dua kesempatan yang didapatkan di babak kualifikasi.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) memberikan apresiasi atas rekor di luar nalar yang dibukukan oleh Kiromal Katibin.

"Untuk ketiga kalinya di tahun ini, atlet kita Kiromal Katibin pertajam rekor tercepat di dunia baru, dengan catatan waktu 5,09 detik," tertulis dalam rilis resmi FPTI.

Catatan ini lebih cepat 0,06 detik dari rekor terbaik dunia yang juga dicapai oleh Kiramal Katibin di Salt Lake City, pada 21 Mei 2022.

Sementara di peringkat kedua kualifikasi Speed ​​and Lead World Cup 2022, berhasil dicatatkan oleh Cao Long dari China, yang mencatatkan waktu tercepat 5,21 detik.