Nomor Tolak Peluru Putra SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Barat Pecahkan Rekor

Senin, 28 November 2022 20:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© SAC Indonesia 2022
Pemecahan rekor SAC Indonesia 2022 tercipta pada nomor tolak peluru persaingan putra tingkat pelajar SMA atas nama Bayanillah, siswa SMAN 7 Cirebon. Copyright: © SAC Indonesia 2022
Pemecahan rekor SAC Indonesia 2022 tercipta pada nomor tolak peluru persaingan putra tingkat pelajar SMA atas nama Bayanillah, siswa SMAN 7 Cirebon.

INDOSPORT.COM - Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 digulirkan tak hanya bertujuan memasifkan atletik di kalangan pelajar. Namun, juga jadi panggung yang kompetitif bagi bibit-bibit muda potensial untuk saling bersaing. 

Tak heran, pemecahan rekor demi rekor terus dicatatkan pada pelaksanaan di sembilan wilayah qualifiers pada musim perdana ini. Termasuk pada West Java Qualifiers yang berlangsung di GOR Arcamanik, Bandung, pada 25 hingga 27 November.

Pemecahan rekor Energen Champion SAC Indonesia 2022 tercipta pada nomor shot put atau tolak peluru persaingan putra tingkat pelajar SMA. Atas nama Bayanillah, siswa SMAN 7 Cirebon. 

Berkat tolakan sejauh 14,03 meter yang berhasil dicatatkan pada final yang berlangsung Sabtu (26/11/22), Bayanillah tak hanya sukses naik podium juara dan berhak mewakili West Java Qualifiers ke National Championship.

Tolakan sejauh 14,03 meter milik Bayanillah itu juga memecahkan rekor tolakan jarak terjauh pada ajang Energen Champions SAC Indonesia 2022.

Torehan tersebut menggusur rekor terjauh sebelumnya, yakni 13,63 meter milik Rifqi Adi Saputra yang tampil pada Yogyakarta Qualifiers, 21-23 Oktober lalu.

Bayanillah dan Rifqi Adi Saputra akan saling bersaing kembali pada National Championship di Jakarta, Januari 2023 mendatang. 

Pada ajang bertemunya para winner dan runner-up dari sembilan wilayah qualifiers Energen Champion SAC Indonesia 2022, untuk bersaing menjadi champion secara nasional. 

Demi berkesempatan mengejar hadiah diberangkatkan ke Australia untuk mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama di Negeri Kangguru itu.

Sebanyak lebih dari 4.300 pelajar telah berpartisipasi dan bersaing selama tiga hari (25 hingga 27 November) pada Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - West Java Qualifiers, yang merupakan kota pelaksanaan kedelapan dari total sembilan wilayah qualifiers.