Komunitas Sehat

Yuk Kenali Jenis-Jenis Tingkatan di Olahraga Ekstrem Slackline

Jumat, 24 Maret 2023 18:36 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
© Komunitas Pushing Panda
Komunitas Slackline Pushing Panda, Olahraga Ekstrem Berjalan di Atas Seutas Tali. (Foto: Komunitas Pushing Panda) Copyright: © Komunitas Pushing Panda
Komunitas Slackline Pushing Panda, Olahraga Ekstrem Berjalan di Atas Seutas Tali. (Foto: Komunitas Pushing Panda)

INDOSPORT.COM – Slackline merupakan jenis olahraga ekstrem yang mana para pegiatnya menguji adrenalin dengan berjalan di atas seutas tali yang terbentang di dua titik.

Medan di bawah nya pun beragam, ada yang menyebrangi perairaan serta daratan dengan jarak dan ketinggian yang berbeda-beda.

Founder komunitas pushing panda, Kang Dadenk, kepada INDOSPORT.com menjelaskan soal jenis-jenis olahraga slackline.

“Untuk slackline ini kebetulan ada beberapa jenis ya, ada longline yaitu jarak bentang tali nya lebih dari 3 KM dan dengan diameter tali sekitar 1-2,5 cm,” jelas Kang Dadenk.

“Terus ada lagi trickline, nah ini dulu pernah diselenggarakan ada world cupnya, jadi untuk ini memang kita bisa menggabungkan beberapa trick di atas tali,” sambungnya.

Selanjutnya, Kang Dadenk juga menyebutkan bahwa ada juga Brodeline, yang mana bentangan talinya lebih dikendurkan.

Kemudian ada pula waterline, yakni pegiat olahraga slackline berjalan di atas tali dan permukaan bawahnya ialah perairan. Biasanya lokasi yang dipilih ialah danau, laut, dan sungai.

Lalu ada Highline. Untuk kategori slackline jenis ini dilakukan menggunakan alat-alat yang biasa dipakai untuk olahraga panjat tebing.

“Untuk di Indonesia rekor terpanjangnya itu kita pernah di Nusa Penida Bali, dari tebing 1 ke tebing satunya lagi itu sekitar 300 meter di atas laut,” ucap Kang Dadenk.