Jarang Terendus, 3 Peselancar Indonesia Makin Gemilang di Kancah Internasional

Rabu, 5 April 2023 21:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© NOC Indonesia
Tiga atlet selancar Indonesia diam-diam semakin menunjukkan taringnya di kancah internasional, salah satunya Rio Waida. Copyright: © NOC Indonesia
Tiga atlet selancar Indonesia diam-diam semakin menunjukkan taringnya di kancah internasional, salah satunya Rio Waida.

INDOSPORT.COM – Tiga atlet selancar Indonesia diam-diam semakin menunjukkan taringnya di kancah internasional, salah satunya Rio Waida.

Melansir dari akun Instagram @TimIndonesiaOfficial, ketiga atlet selancar atau surfing tersebut menorehkan prestasi luar biasa dalam kurun waktu tiga bulan musim 2023.

Atlet pertama yakni Rio Waida. Atlet keturunan Jepang ini mulai menjadi sorotan karena berlaga pada Olimpiade Tokyo tahun 2020 kemarin.

Musim ini, Rio Waida berhasil menjejakkan kakinya di ajang WSL Championships Tour (WCT), yang merupakan kompetisi kasta tertinggi selancar dunia.

Dengan tampil di ajang ini, Rio Waida pun memiliki peluang besar untuk tampi kedua kalinya di Olimpiade edisi berikutnya di Paris pada 2024 mendatang.

Rio Waida sendiri memastikan tiket ke World Champion Tour setelah sebelumnya berhasil melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira di Portugal, pada Oktober 2022 lalu.

"Dengan melaju ke babak 24 di EDP Vissla Pro Ericeira dan mendominasi 22 Challenger Series, Rio Waida secara resmi lolos ke Championship Tour 2023," bunyi pernyataan World Surf League dalam laman resminya.

Sebelumnya, Rio Waida yang main di putaran 48, berhasil mengemas skor 11.33. Ia menjadi yang pertama usai bertanding di heat ketujuh dan memastikan lolos ke babak 24.

Ini menjadikan Rio Waida sebagai atlet pertama Indonesia sekaligus atlet Asia kedua yang mampu tampil di kejuaraan bergengsi tersebut.

Atlet berusia 23 tahun tersebut telah menjalani empat turnamen surfing sejauh musim ini, yakni di ajang Billabong Pro Pipeline (finish kelima), Hurley Pro Sunset Beach (finish ke-19), dan MEO Rip Curl Portugal Pro (finis ke-5).

Berkat pencapaiannya tersebut, Rio Waida berhasil menembus peringkat 10 dunia dengan raihan 9.395 poin, sebuah peningkatan signifikan dari posisi sebelumnya di ranking 45 pada 2019.