Soal Kursi Plastik hingga Kecurangan di SEA Games 2023, Menpora Beri Komentar

Sabtu, 13 Mei 2023 06:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Menpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memaklumi ada kursi 'kondangan' di ruang ganti Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Copyright: © Menpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memaklumi ada kursi 'kondangan' di ruang ganti Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memaklumi ada kursi 'kondangan' di ruang ganti Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Menurutnya, hal itu bakal jadi bagian dari evaluasi Kamboja selaku tuan rumah.

Kursi kondangan tersebut jadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun PSSI, dimana sebenarnya menunjukan persiapan dan situasi tim sebelum kick off pertandingan Grup A di National Olympic Stadium. 

"Ya, soal kursi plastik, memang (Kamboja) namanya baru mau berkembang, jadi untuk meng-handle event sedemikian besar masih harus ada yang dievaluasi," ujar Menpora, Jumat (12/05/23).

Lebih lanjut, Menpora juga angkat bicara terkait indikasi kecurangan dari tuan rumah di beberapa cabang olahraga. Ada dari e-Sport, bulutangkis, pencak silat dan lainnya.

Dito Ariotedjo mengatakan, pihaknya sudah mencium gelagat tak sportif sejak pekan lalu. Karena itu, Kemenpora dan stakeholder terkait sudah mengirim tim pendamping ke Kamboja.

"Itu sudah kami sampaikan di awal, memang ya namanya tuan rumah (Kamboja) mempunyai privilese (sebagai tuan rumah SEA Games 2023)," ujar Dito.

"Pendamping advokasi ini kami fokuskan, saya sudah melihat potensi (ketidakadilan) ini dari akhir Minggu lalu," lanjut Menpora berusia 32 tahun tersebut.

"Kami dari Kemenpora meminta staff khusus Kemenpora bidang hukum untuk terbang ke sana (Kamboja) dan memantau perjalanan pertandingan SEA Games," sambungnya.

Menpora memaklumi bila ada kecurangan di SEA Games karena aturannya tidak seketat Asian Games dan Olimpiade. Keikutsertaan Indonesia di SEA Games hanya sebagai bentuk solidaritas sesama negara Asia Tenggara.