Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023, Sesuai Harapan Presiden Jokowi

Rabu, 17 Mei 2023 16:15 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© NOC indonesia/Brigitha Sesilya
Raja Sapta Oktohari,  Ketua NOC Indonesia di Final Timnas Sepakbola Indonesia vs Thailand SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: NOC indonesia/Brigitha Sesilya) Copyright: © NOC indonesia/Brigitha Sesilya
Raja Sapta Oktohari, Ketua NOC Indonesia di Final Timnas Sepakbola Indonesia vs Thailand SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: NOC indonesia/Brigitha Sesilya)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 sukses menuntaskan penantian 32 tahun terhadap medali emas SEA Games.

Prestasi itu direngkuh usai menang 5-2 atas Thailand dalam laga final di National Olympic Stadium, Kamboja, Selasa (16/5/23) malam WIB.

Keping emas yang dipersembahkan sepak bola sekaligus menyempurnakan kekuatan yang diperlihatkan cabang olahraga beregu Tim Indonesia di SEA Games.

Sebagai informasi, medali ini juga memastikan tim Indonesia mempertahankan posisi seperti tahun lalu, yakni peringkat ketiga dengan perolehan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

“Emas sepak bola menjadi kado penutup indah dari Tim Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kita berada di ranking tiga di klasemen akhir,” kata Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Selasa (16/5/23).

“Alhamdulillah capaian medali kita memenuhi harapan Presiden Joko Widodo, dengan membawa pulang lebih dari 69 medali emas. Kita mendapat 87 emas, sama seperti Okto (delapan) dan Sapta (tujuh),” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Okto itu juga mengaku bangga atas pencapaian para atlet sepak bola Indonesia. Mereka mampu menjawab tantangan netizen dengan prestasi emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Di samping itu, Raja Sapta Oktohari juga menilai bahwa ajang SEA Games 2023 Kamboja menunjukkan kesuksesan dari cabang olahraga beregu tim Indonesia lainnya.

Pasalnya, Hoki Indoor, Kriket, dan Basket 5x5 Putri pun juga mengukir sejarah besar dengan menyumbangkan medali emas bagi Merah Putih.