Angkat Prestasi Kontingen SEA Games 2023, Raja Sapta Oktohari Dapat Apresiasi Presiden Jokowi

Kamis, 25 Mei 2023 18:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok: NOC Indonesia/Naif Al
Kontingen Indonesia di pembukaan SEA Games 2023. (Foto: Dok: NOC Indonesia/Naif Al) Copyright: © Dok: NOC Indonesia/Naif Al
Kontingen Indonesia di pembukaan SEA Games 2023. (Foto: Dok: NOC Indonesia/Naif Al)

INDOSPORT.COM - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari baru saja mendapat apresiasi atas perjuangannya yang ikut dalam meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air.

Yang terbaru, pria yang akrab dipanggil dengan sebutan Okto ini dinilai mampu menaikkan capaian prestasi Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Indonesia sendiri pada klasemen akhir SEA Games 2023 berada di peringkat ketiga dengan torehan sebanyak 276 medali. Dengan rincian, yakni 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. 

Tak hanya itu, Indonesia juga mencetak sejarah dengan mampu meraih medali emas dari cabang sepak bola setelah 32 tahun dan bola basket putri untuk pertama kalinya.

Kontingen Indonesia telah melebihi target medali yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo, yaitu 69 emas.

Oleh sebab itu, salah satu pengamat hukum, Juristo menilai Raja Sapta sudah berjuang mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional, meski ada pihak yang ingin menjatuhkannya.

Bagi Juristo, Raja Sapta merupakan sosok yang telah memperjuangkan Merah Putih di kancah dunia. Prestasi Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 juga bisa dinilai sangat memuaskan.

“Saya pikir Raja Sapta Okto itu sudah berjuang untuk bangsa dan negara. Saya sampaikan jangan ada pihak yang menjatuhkannya dan berselancar di atas keringat olahraga Indonesia,” kata Juristo.

“Saya sebagai saksi hidup menemani kiprah Raja Sapta Okto di kamboja kemarin. Saya bangga Indonesia memiliki pemimpin sepertinya. Ia sosok yang mau memajukan nama bangsa kita,” tambah Juristo.