Komunitas Sehat

5 Tips Nge-gym Aman Terhindar dari Cedera dan Kematian

Selasa, 25 Juli 2023 18:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Viral kematian binaragawan Bali Justyn Viki karena tertimpa beban, intip lima tips ngegym yang aman agar terhindar dari risiko cedera hingga hilangnya nyawa. Copyright: © Getty Images
Viral kematian binaragawan Bali Justyn Viki karena tertimpa beban, intip lima tips ngegym yang aman agar terhindar dari risiko cedera hingga hilangnya nyawa.

INDOSPORT.COM –  Viral kematian binaragawan Bali, Justyn Viki, karena tertimpa beban, intip lima tips ngegym yang aman agar terhindar dari risiko cedera hingga hilangnya nyawa.

Olahraga atau workout adalah aktivitas positif yang dianjurkan untuk mendapatkan kesehatan fisik dan mental. Apapun olahraganya, dipercaya bisa memperkuat daya tahan tubuh hingga meredakan stres.

Saking istimewanya melakukan olahraga, siapa pun dari beragam kalangan usia atau umur, bisa melakukan aktivitas menyehatkan ini.

Hanya saja, memang ada beberapa jenis olahraga yang butuh keterampilan dan pendampingan khusus untuk melakukannya. Seperti selancar, diving, renang, dan masih banyak lainnya.

Olahraga di gym yang banyak variasi latihan baik dengan beban tubuh maupun mesin, rasanya menjadi salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan siapa saja, tetapi tetap butuh kehati-hatian untuk melakukannya.

Karena di balik melimpahnya manfaat olahraga seperti di gym, ada risiko yang bisa terjadi, seperti potensi cedera hingga kematian. 

Seperti kasus teranyar yakni binaragawan Bali berusia 33 tahun, Justyn Viki, yang meninggal dunia akibat tertimpa beban seberat 210kg.

Dari kabar yang beredar, Justyn Viki tertimpa beban seberat 210kg saat sedang latihan fisik di gym Paradise Bali pada tanggal 15 Juli 2023. Justyn Viki sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi dia tak selamat setelah mengalami leher patah dan tekanan saraf kritis.

Setelah tragedi yang menimpa Justyn Viki, perlu memahami beberapa tips dan trik melakukan olahraga yang aman agar terhindar dari potensi cedera dan kematian.

Berikut ini dipaparkan lima tips khusus untuk Anda penggemar gym agar senantiasa bisa berolahraga dengan nyaman untuk meminalisir risiko cedera dan kematian.