Komunitas Sehat

Guardian of Isekai, Pemenang Kompetisi Onyx Fit Club 2023

Senin, 14 Agustus 2023 18:11 WIB
Editor: Isman Fadil
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Guardian of Isekai, salah satu dari 19 tim peserta yang berhasil keluar menjadi pemenang dalam acara Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT) Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Guardian of Isekai, salah satu dari 19 tim peserta yang berhasil keluar menjadi pemenang dalam acara Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Onyx Fit Club merupakan sebuah komunitas Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang yang baru saja berulangtahun keenam pada 13 Agustus 2023.

Setiap tahunnya, mereka menggelar kompetisi internal bertujuan untuk mempererat hubungan para member dan agar para peserta juga fun dalam kompetisi yang dibuat.

Guardian of Isekai, merupakan salah satu dari 19 tim peserta yang berhasil keluar menjadi pemenang dalam acara tersebut.

Beranggotakan tiga orang, yakni Charles, Mila, dan Rey, mereka berhasil mengalahkan 54 orang lainnya dalam perlombaan Onyx Fit Club tersebut yang bertempat di BSD, Tangerang.

Ketiganya mengaku jika persiapan yang dilakukan hanya fokus dengan apa yang workout sebagaimana yang diperlombakan dan kekompakan tim.

“Persiapannya pas workout saja, jadi fokus latihan yang penting, kita coba menu latihan yang dikasih seperti apa, biar kompak gimana ya kita fokus di situ,” imbuh Charles.

“Kalo untuk makan gak terlalu dijaga gimana sih, sesuai kemauan aja,” tambahnya.

Lebih lanjut, mereka juga mengaku tak terlalu memusingkan kondisi lawan atau berfokus mengejar kemenangan.

Ketiganya mengaku lebih memilih fokus agar timnya tetap tampil terbaik agar bisa main lepas.

“Udah ada gambaran sih lawan mana yang bisa jadi pesaing, tapi kita fokus ke diri sendiri aja, tadi juga sempet ada poin sama dengan yang lain tapi ya kita try our best aja, ga prediksi juga mau menang,” sambung Charles.

“Main lepas aja kita, yang penting beres,” tutup Mila.

Charles, Mila, dan Rey, merupakan tiga contoh dari ratusan member yang terbentuk dari Onyx Fit Club. Sebuah komunitas konvesional fitness yang dibentuk oleh salah satu pendirinya bernama Fabio Halim.

Berawal dari Komunitas Lari Berubah jadi Komunitas Fungsional Fit Club

Onyx Fit Club merupakan sebuah komunitas Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang yang baru saja berulang tahun keenam pada 13 Agustus 2023.

Fabio Halim, selaku salah satu pendiri dari Onyx Fit Club menuturkan, jika awalnya ia membentuk komunitas ini dari komunitas lari, lalu mulai berpindah ke latihan fitness.

© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Onyx Fit Club, komunitas Fitness Convensional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT) Copyright: Hendro Hardiyanto/INDOSPORTOnyx Fit Club, komunitas Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

“Pertama berdiri itu dimulai di Alam Sutera, dari komunitas lari sih, dari situ mulai exhibitioning seminggu sekali, terus akhirnya orangnya mulai banyak, jadi akhirnya kita buka kelas pagi dan sore sampai akhirnya buka di sini (BSD),” imbuh Fabio kepada INDOSPORT.com.

“Pas 2017 dimulai pertama awalnya masih seminggu sekali, terus tambah jadi dua kali dan mungkin mulai rutinya di tahun 2018. Dulu sih Cuma 10 orang, itu juga ada yang gak konsisten, tapi lama-lama akhirnya bertambah sekarang jadi sekitar 100 orang lebih, tapi ya yang aktif masih 60 lebih,” lanjutnya.

Untuk memperingati ulangtahun yang keenam, biasanya Onyx menggelar kompetisi internal dari sejumlah workout yang diperhitungkan dengan sistem rank.

“Kita tiap anniversary biasa bikin kompetisi per tim ada 2-3 orang, tujuannya ya biar pengen mereka have fun, jadi gak sekedar kompetisi biasa. Kalo bilangnya kompetisi, biasa mindset mereka jadi ada pressure, jadi ada beban, kita gak mau gitu, jadi ya biar di bawa fun aja, contohnya kumpul bareng member lain,” tambahnya.

Berdiri sejak tahun 2017 lalu, Onyx Fit Club terus berkembang, khususnya di wilayah BSD. Rentan usia yang ikut pun tidak dibatasi, karena faktanya ada member yang kurang lebih berusia 16 tahun hingga 61 tahun.

Sebagai salah satu pendiri komunitas, Fabio menuturkan harapannya agar komunitasnya bisa semakin besar dan bisa membantu banyak orang untuk memiliki pola hidup yang sehat.

“Ya harapannya sih supaya komunitas lebih besar, lebih banyak orang yang mau ikut juga, supaya semua orang bisa punya hidup sehat, jadi bukan cuma buat gaya-gaya aja, tapi memang bisa jalani pola hidup yang sehat dengan benar,” tutup Fabio Halim.