In-depth

Kisah Agus Prayogo, Peraih Emas SEA Games 2023 yang Dulunya Anak Geng Motor

Minggu, 7 Mei 2023 17:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Dok: NOC Indonesia/Rizki Fitrianto
Tim Indonesia kembali berhasil menambah medali emas dari cabang olahraga atletik nomor marathon marathon putra diraih oleh Agus Prayogo. Sedangkan, emas putri direbut oleh Odekta Elvina Naibaho. (Foto: Dok: NOC Indonesia/Rizki Fitrianto) Copyright: © Dok: NOC Indonesia/Rizki Fitrianto
Tim Indonesia kembali berhasil menambah medali emas dari cabang olahraga atletik nomor marathon marathon putra diraih oleh Agus Prayogo. Sedangkan, emas putri direbut oleh Odekta Elvina Naibaho. (Foto: Dok: NOC Indonesia/Rizki Fitrianto)

INDOSPORT.COM - Agus Prayogo jadi peraih medali emas pertama untuk Indonesia dari cabang atletik di SEA Games 2023 Kamboja.

Agus Prayogo jadi yang tercepat di nomor maraton yang berlangsung di kawasan Situs Warisan Dunia, Angkor Wat, Siem Reap, Sabtu (06/05/23) dengan waktu dua jam 32,59 menit.

Medali emas tersebut merupakan yang ketujuh bagi Agus di ajang multievent SEA Games. Atlet asal Jawa Barat ini sudah terjun di ajang SEA Games sejak edisi 2009 di Laos. 

Pada 2009, atlet 38 tahun itu merebut emas dari nomor lari 10.000 meter. Setelahnya, Agus kembali menjadi yang terbaik di nomor 10.000 m dan 5.000 m pada SEA Games 2011 di Palembang, Indonesia.

Emas berikutnya diraih atlet kelahiran Bogor, 23 Agustus 1985 itu pada SEA Games Singapore 2015 di nomor 10.000 m. Dua tahun berikutnya di SEA Games 2017 Malaysia, Agus kembali pertahankan medali emas di nomor 10.000 m.

Total, Agus Prayogo sudah meraih 13 medali di ajang SEA Games dari cabang nomor 10.000 meter, 5.000 meter dan maraton.

Meski sudah seperti 'raja lari' jarak jauh Indonesia, mungkin tidak banyak yang tahu jika Agus pernah hampir dikeluarkan dari sekolah saat masih duduk di kelas 3 SMP karena jarang masuk sekolah.

Selain itu, ia juga pernah bergabung dengan sebuah geng motor, sebelum akhirnya kembali fokus di olahraga lari dan berkarier di bidang militer khususnya TNI Angkatan Darat.

Berbincang dengan INDOSPORT.com beberapa waktu lalu, Agus Prayogo mengatakan mulai fokus jadi atlet saat di bangku kuliah. Bahkan, dia meninggalkan pendidikannya demi bisa masuk Pelatnas.

"Ada kesempatan dipanggil masuk ke Pelatnas, akhirnya kuliah tidak selesai hanya sampai tiga semester saja. Waktu itu masuk kuliahan semacam manajemen akutansi di Salatiga," tuturnya.