x

Peringati Earth Hour 2018, Begini Penampakan Stadion GBK Saat Gelap Gulita

Minggu, 25 Maret 2018 13:32 WIB
Editor: Juni Adi

Sejumlah gedung di wilayah DKI Jakarta tampak gelap gulita, pada Sabtu (24/03/18) malam WIB. Salah satunya adalah Stadion Utama Gerlora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati gerakan hemat energi, "Earth Hour Day 2018". Pemadaman itu berlangsung selama satu jam.

Baca Juga

1. Stadion GBK Gelap Gulita

Stadion Gelora Gelora Bung Karno saat malam hari.

Momen gelap gulita tersebut sempat diabadikan oleh seorang warganet, melalui akun instagram @kumbangketawa_gimbal, dengan caption "Earth hour 2018 #gbk #earthhour2018."


2. Awal Mula Gerakan Earth Hour

Earth Hour 2018.

Earth Hour sendiri pertama kali dikampanyekan oleh World Wide Fund for Nature (WWF), pada tahun 2007 di Sydney, Australia. Sedangkan di Indonesia, baru dimulai pada tahun 2009.

Sekedar informasi, WWF adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan/

Gerakan  tersebut digelar oleh WWF pada bulan Maret setiap tahunnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya energi dan lingkungan. WWF mengajak masyarakat memadamkan listrik selama satu jam.


3. Manfaat Earth Hour

Situasi dalam stadion Gelora Bung Karno yang akan digunakan laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/01/18) mendatang. Herry Ibrahim

Setelah melakukan pemadaman listrik selama satu jam dibeberapa titik, Jakarta berhasil menghemat konsumsi listrik hingga 169,99 megawatt (MW). Angka itu setara dengan penghematan secara materiil hingga Rp249 juta.

"Tahun ini, di jam yang sama (seperti tahun lalu), kita berhasil menghemat jadi 169,99 MW, atau 170 MW kalau dibulatkan," ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota seperti dikutip dari Liputan6.com.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Berita Transfer

Berita Terkini