x

Seperti di Eropa, Ini 3 Stadion Termegah yang Jadi Markas Klub Liga 1 2018

Jumat, 23 Maret 2018 15:33 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
3 Stadion terbesar di Liga 1 2018

Liga 1 2018 akan segera dimulai dengan laga perdana yang mempertemukan Bhayangkara FC menghadapi Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/03/18) pukul 18.30 WIB nanti malam.

Laga perdana nanti merupakan laga netral yang mempertemukan Bhayangkara FC sebagai juara Liga 1 2017 dan Persija sebagai juara Piala Presiden 2018.

Baca Juga

Sementara untuk markas Bhayangkara FC sendiri, mereka akan memainkan laga-laga kandang mereka semusim ke depan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Sementara Persija kemungkinan besar akan bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Namun, kedua stadion tersebut masih belum bisa dibilang stadion terbesar dari segi kapasitas di Liga 1 2018. Berikut INDOSPORT rangkum sebanyak 3 stadion terbesar yang jadi markas klub Liga 1 2018, yang punya kapasitas lebih dari 30 ribu penonton.


1. Stadion Gelora Bung Tomo (50 ribu penonton)

Stadion Gelora Bung Tomo.

Stadion Gelora Bung Tomo terletak di kompleks olahraga yang dinamakan Surabaya Sport Center. Khusus stadion yang digunakan untuk pertandingan sepakbola ini resmi dibuka pada 6 Agustus 2010 lalu.

Menurut data dari stadiumdb.com, Gelora Bung Tomo yang musim 2018 ini menjadi markas Persebaya Surabaya, memiliki kapasitas sebanyak 50 ribu penonton.

Stadion dengan kapasitas penonton terbesar di Liga 1 musim ini sempat tidak bisa dipakai oleh Persebaya karena sulitnya izin dari Kadispora Surabaya. Namun masalah tersebut nampaknya sudah selesai.

"Untuk Piala Presiden kemarin, kita dibantu oleh walikota. Berjalan baik karena sempat masalah untuk pakai Gelora Bung Tomo," ucap manajer Bajul Ijo, Chairul Basalamah.


2. Stadion Kanjuruhan (40 ribu penonton)

Caption

Setelah Gelora Bung Tomo, stadion yang sudah dibangun sejak 1997 silam ini menjadi stadion berkapasitas terbesar urutan kedua musim depan.

Stadion Kanjuruhan merupakan markas dari klub kebanggaan Kota Malang, Arema FC. Menurut data dari stadiumdb.com, Stadion Kanjuruhan Malang memiliki kapasitas sebanyak 40 ribu penonton.

Bahkan pada Februari lalu, Kanjuruhan diakui sedang melakukan pembenahan mulai dari fasilitas publik seperti Mushala, toilet serta ruang medis.

"Yang jelas, kami berkomitmen untuk wujudkan apa yang sudah disyaratkan. Terus ada evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi," ucap Abdul Haris, selaku Ketua Panpel Arema FC, (03/02/18).


3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (38 ribu penonton)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Stadion yang dibangun pada Oktober 2009 lalu, resmi dibuka pada tahun 2013 dengan kapasitas sebenarnya mampu menampung sebanyak 72 ribu penonton.

Namun karena menggunakan standar FIFA, stadion ini hanya bisa menampung 38 ribu penonton dengan single seat. Stadion ini akan menjadi markas klub Persib Bandung untuk Liga 1 2018.

Maung Bandung sempat terancam tidak bisa menggunakan GBLA untuk Liga 1 musim ini karena disebut sebagai salah satu venue Asian Games 2018. Namun kabar itu langsung dibantah oleh Erick Thohir selaku Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

"Sepakbola di empat stadion, Jalak, Patriot, Wibawa Mukti dan Pakansari, jadi GBLA tidak kami pakai," ucap Thohir (13/02/18).

Persebaya SurabayaPersib BandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoStadion KanjuruhanArema FCLiga 1

Berita Terkini