x

3 Olahraga yang Harus Dihindari Orang Berusia 40 Tahun ke Atas

Sabtu, 10 November 2018 16:20 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Yohanes Ishak
Ilustrasi pria berusia 40 tahun ke atas sedang jogging.

INDOSPORT.COM – Berolahraga merupakan suatu aktivitas yang patut dilakukan oleh setiap orang. Dengan melakukan olahraga, maka tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat.

Bagi orang yang masih berusia muda, sungguh sangat disayangkan jika semasa hidupnya jarang meluangkan waktunya sedikit untuk berolahraga. Padahal saat usia muda, mereka dapat melakukan olahraga apapun tanpa ada batasan.

Baca Juga

Sementara lain cerita dengan mereka yang sudah memasuki usia dewasa atau 40 tahun ke atas. Tubuh manusia sudah mengalami berbagai perubahan mulai dari metabolisme yang menurun hingga tulang yang tak lagi sekuat dulu.

Ketika memasuki usia 40 tahun ke atas, ada beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan dan disesuaikan saat berolahraga. Hal itu dikarenakan ada beberapa jenis olahraga yang justru memiliki dampak buruk bagi kesehatannya.

Baca Juga

Untuk itu, berikut INDOSPORT merangkum 3 jenis latihan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas seperti dinyatakan oleh Shin Ohtake, seorang ahli kebugaran dan doktor lulusan Palmer Chiropractic College West, California yang dikutip dari Hello Sehat.


1. Olahraga Kardio Berat

Latihan kardio

Kardio memang jenis olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun ternyata jika seseorang sudah berusia 40 tahun ke atas, olahraga tersebut dapat menambah lemak perut serta mempercepat penuaan.

Tak hanya itu saja, peningkatan radikal bebas juga tak terhindarkan jika berolahraga kardio berat. Radikal bebas adalah molekul yang bisa merusak sel-sel sehat di tubuh dan menyebabkan peradangan kronis. Akibatnya, kondisi ini bisa berakibat pada penuaan tubuh yang semakin cepat dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius.

Baca Juga

Meski begitu, orang berusia 40 tahun ke atas tetap bisa melakukan olahraga kardio. Namun, harus ada batasan waktu dan jangan dilakukan secara intens atau keras. Kardio satu menit adalah cara paling efektif untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus membakar lemak perut tanpa efek yang merugikan.


2. Sit Up dan Crunches

latihan Sit Up Crunches

Ketika melakukan sit up dan crunches yang berlebihan ketika usia sudah di atas 40 tahun, maka cedera punggung bawah nampaknya tak akan terhindarkan. Selain itu juga dapat membuat tekanan berlebih pada tulang belakang. Akibatnya, Anda berisiko tinggi terkena cedera tulang belakang.

Bagi orang berusia 40 tahun ke atas, plank adalah olahraga yang lebih baik untuk dilakukan menurut dr. Katherina Coyner, dokter ahli bedah tulang dari University of Texas Southwestern Medical Center. Plank dapat menguatkan otot-otot di inti tubuh.

Baca Juga

Latihan plank ini dapat dilakukan dengan sangat mudah yakni hanya dengan posisi kedua lengan bawah bertumpu di lantai dan tahan posisinya selama 30 detik.


3. Leg Press

Latihan leg press

Penuaan membuat lutut, kaki, dan punggung bawah lebih rentan cedera bagi orang yang berusia di atas 40 tahun. Terlebih usia bertambah, kekuatan pada kaki dan lutut cenderung berkurang. Biasanya saat naik dan turun tangga, lutut akan terasa sakit, lemas, dan bergetar.

Untuk itu, ada baiknya tidak memberikan tekanan dan beban yang berlebihan pada kaki dengan melakukan olahraga leg press ini. Lebih baik meningkatkan keseimbangan tubuh. Pasalnya, keseimbangan tubuh menurun seiring dengan pertambahan usia dan bisa meningkatkan risiko keseleo saat sedang berjalan.

Baca Juga

Cara melatih keseimbangan tubuh dapat melakukannya dengan berdiri satu kaki selama beberapa menit sehari. Kalau bisa, setiap bagian kakinya mampu menahannya dengan waktu selama 20 menit lamanya.

Ikuti Terus Kabar Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini