x

Aksi Memukau Para Atlet Berbakat di Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2022

Selasa, 15 Maret 2022 10:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2022.

INDOSPORT.COM - Arena olahraga ice skating BX Rink di Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Banten, telah selesai melangsungkan Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2022.
 
Kompetisi tahunan ini memberikan kesan manis bagi para atlet skating (skater). Mereka menyebut kejuaraan IISO sangat menyenangkan karena menjadi pelipur kangen bermain ice skating. 

Baca Juga

Bukan rahasia lagi bila para peserta kompetisi sempat vakum selama dua tahun akibat terdampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Di ajang yang bergulir pada 10-12 Maret tersebut, sebanyak 200 atlet ice skating bersaing. Mereka adalah atlet-atlet muda Indonesia.

Atlet-atlet sepenuhnya berasal dari lima ice rink, antara lain BX Rink, Sky Rink, Oasis Centre Arena, Gardenice dan Bali Ice Skating Arena.

Baca Juga

Ada pun kategori yang dipertandingkan mulai dari usia dini, yakni atlet termuda berusia 3 tahun hingga sampai usia 51 tahun.

Direktur kompetisi IISO 2022 yang juga Manager BX Rink, Wiwin Darmawan Salim, menyatakan bahwa IISO merupakan ajang pembuktian bagi para atlet muda untuk meraih prestasi di cabang olahraga ice skating. 

Kejuaraan terbuka yang masuk edisi kedelapan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan jam tanding para atlet, sekaligus melahirkan bibit-bibit baru.

Baca Juga

“Indonesia Ice Skating Open merupakan salah satu ajang pembelajaran untuk atlet-atlet muda Indonesia,” kata Wiwin dalam keterangannya di Tangerang Selatan, Sabtu (12/3/22). 

"Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi para atlet untuk menuju kompetisi yang lebih besar," cetusnya.


1. 3 Kategori Olahraga

Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2022.

Ada tiga olahraga yang dilombakan dalam IISO, di antaranya figure skating, ice hokey (hoki es) dan short track speed skating (balap ski).
 
IISO 2022 berfokus pada olahraga figur skating dalam enam kategori yang meliputi teknik, artistik, spotlight, speed racing, footwork, dan ritmik.

Seluncur indah merupakan salah satu cabang olahraga musim dingin Atlet memperagakan kemahiran berselancar secara atletis dan estetik lengkap dengan kostum dan gerakan yang indah. 

Baca Juga

Gerakan-gerakan yang dimaksud mulai dari freestyle lompatan, putaran, lifts, sikap anggun, hingga gerakan kaki atau footwork diiringi musik yang menawan.

Kelly Elizabeth Supangat, salah satu atlet skating nasional yang telah mengikuti banyak hajatan tingkat nasional hingga internasional, merasa senang dan bangga bisa berlaga kembali di kompetisi IISO 2022.

Menurut atlet muda berusia 18 tahun tersebut, kompetisi ini menjadi penting bagi perkembangan kariernya di cabang olahraga ice skating. 

“I think IISO is a great step up from where we start it. Meski digelar di saat pandemi, saya tetap antusias dan semangat berlatih supaya bisa memberikan yang terbaik,” ujar Kelly.

Baca Juga

Untuk mendapatkan performa terbaik, Kelly Elizabeth Supangat melakukan berbagai persiapan salah satunya dengan latihan fisik secara berkala. 

“Saya merasa senang karena dari hari pertama lomba i get to perform. Not only do the jobs good, but i get feel the music and really really understand what is the meaning behind the music. Semoga orang tua saya bangga saat menonton saya berlaga,” jelas dia.


2. Tantangan Baru Ice Skating

Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2022.

Hal senada diutarakan Melody Asri Fatimah. Atlet skating muda berbakat yang pernah mewakili Indonesia di ajang Figure Skating Challenge 2015 di Hongkong ini, juga merasa senang kejuaraan IISO bisa dhelat kembali. 

“Kompetisi IISO 2022 ini membangkitkan semangat kami untuk berlatih, berkompetisi dan berprestasi,".ucap Melody Asri Fatimah.

"Melalui protokol kesehatan yang ketat, alhamdulillah skaters Indonesia bisa perform lagi, mengingat laga ini sempat ditunda selama dua tahun akibat pandemi,” jelas atlet berusia 13 tahun itu.

Wiwin menyebut, kejuaraan IISO diperkenalkan oleh BX Rink sebagai ajang lompatan para atlet muda berbakat menuju kejuaraan dunia, yang sudah terlaksana sejak 2014. 

Adanya kompetisi ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu upaya mendorong olahraga musim dingin Indonesia yang masih tergolong baru di Tanah Air. 

“Tantangan saat ini adalah mempromosikan olahraga sebagai suatu ‘healthy lifestyle’ kepada generasi muda," tutur Wiwin Darmawan Salim. 

Sehingga, melalui sosial media kami mengudakasi atlet-atlet muda bahwa olahraga tidak hanya membuat badan sehat tapi juga merupakan kegiatan cool dan keren,” tandasnya.

BX Rink sendiri merupakan salah satu fasilitas olahraga di Bintaro Jaya Xchange Mall. Beroperasi sejak 2013, BX Rink dilengkapi ice rink seluas 1.320 m2 dan 1,000 m2 fasilitas pendukung seperti skate rental, locker, first aid, hingga snack bar. 

BantenIce SkatingBerita Olahraga

Berita Terkini