Tafisa World Games 2016

Menpora Buka Pertandingan Street Soccer dan Ice Skating

Jumat, 7 Oktober 2016 22:03 WIB
Editor: Ramadhan
© Kemenpora
 Copyright: © Kemenpora

Menpora Imam Nahrawi menyaksikan laga sekaligus melakukan kick off pertandingan street soccer antara Indonesia vs Lithuania di lapangan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Jumat (07/10/16).

Dalam sambutan singkatnya, Menpora mengucapkan selamat bertanding kepada semua peserta. 

“Semoga dengan pertandingan ini akan menjadikan sepakbola sebagai kebanggaan bagi Indonesia maupun dunia,” kata Imam Nahrawi melalui rilis yang diterima INDOSPORT.

“Saya senang sekali dan bangga ini pertama kalinya di Indonesia untuk masuk rangkaian Tafisa Games 2016. Melalui ajang ini masa depan sepakbola Indonesia lebih baik,” tambahnya.

Menurutnya, street soccer sebagai olahraga rekreasi akan bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

“Saya berharap lewat Tafisa Games ini akan melahirkan bibit-bibit atlet street soccer untuk diproyeksikan berlaga di ajang internasional,” tambahnya.


Menpora, Imam Nahrawi saat membuka pertandingan ice skating di Tafisa World Games 2016

Selain Indonesia, ada 11 negara lainnya yang ikut serta meramaikan pertandingan ini yakni, Malaysia, Switzerland, Palestina, Rusia, India, Timor Leste, Papua Nugini, Romania, Lithuania, Ghana, dan Pakistan.

Nantinya, akan dibagi menjadi 3 grup dengan masing-masing 4 peserta. Pertandingan berlangsung selama 20 menit yang dibagi dalam 2 babak.

Jumat (07/10/16) siang, Imam Nahrawi juga membuka exhibition ice skating Tafisa Games 2016 di BX Rink Bintaro Jaya Exhcange Mall, Tangerang.

Melalui Tafisa Games ini, Menpora berharap ice skating makin dicintai masyarakat Indonesia dan dapat melahirkan atlet yang berprestasi dan mampu bersaing di dunia internasional.

Menurut Menpora, ice skating tidak hanya dilatih dalam hal teknik tapi juga disiplin. Pemerintah akan terus mendorong agar olahraga ini menjadi dicintai masyarakat.

“Indonesia tidak ada musim dingin untuk bermain skating, tetapi saya melihat bahwa banyak anak-anak Indonesia yang ada di beberapa kota melakukan terobosan yang begitu keras untuk menjadi atlet skating yang hebat,” kata Menpora.

“Buktinya, mereka bisa berhasil menjadi juara di beberapa exhibition dan kompetisi di level Asia maupun Dunia,” jelasnya.

“Sesungguhnya ini tidak lepas dari peran orang tua dan masyarakat terutama pemerintah untuk mendorong agar ke depan semakin banyak lagi anak-anak Indonesia mencintai ice skating,” tambah Imam.

Ketua Tafisa Word Games 2016 Ice Skating Competition and and Exhibition, Jihan Saikhlia mengatakan, ice skating merupakan olahraga yang sedang berkembang di Indonesia.

Keikutsertaan ice skating dalam Tafisa Word Games 2016 sebagai salah satu bentuk upaya untuk semakin mengenal olahraga musim dingin pada masyarakat.

“Semoga ke depan masyarakat tertarik untuk menjadi atlet mewakili Indonesia di kompetisi Internasional,” ujar Jihan Saikhlia.

“Tercatat para atlet ice skating telah berhasil meraih banyak prestesi di event internasional antara lain, kategori U-14 yang menjadi juara pertama dalam Malaysia Invitational Ice Hockey, turnamen di Malaysia dan Tim Figure Skating BX Rink yang menempati peringkat ke-3 dari 23 klub berbagai negara.

76