SEA Games 2017

Lepas Kontingen SEA Games, Jokowi: Harumkan Nama Indonesia

Senin, 7 Agustus 2017 13:46 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Kemenpora
Pelepasan kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia. Copyright: © Kemenpora
Pelepasan kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara resmi melepas kontingen Indonesia untuk berlaga di kancah SEA Games, Malaysia 2017. Dalam pelepasan ini, Jokowi pun menegaskan untuk para kontingen Indonesia dapat berjuang demi bangsa dan negara.

Sebanyak 533 atlet akan berjuang di ajang SEA Games, Kuala Lumpur, Malaysia 2017. Mereka akan mulai berjuang di ajang yang akan berlangsung pada 19-30 Agustus mendatang.

Kini sebelum bertolak ke Malaysia, para kontingen atlet ini pun dilepas secara resmi oleh Presiden Jokowi. Bertempat di halaman Istana Negara, Jakarta, Jokowi pun memberikan wejangan kepada para pejuang Indonesia.

© Kemenpora
Pelepasan Kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia. Copyright: KemenporaPresiden Joko Widodo bermain tenis meja di acara pelepasan kontingen SEA Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia.

"Ingatlah, Saudara sekalian akan mewakili bangsa Indonesia untuk SEA Games ke-29. Bangsa Indonesia adalah negara yang telah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games, negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara, sebanyak 250 juta mendukung Saudara-saudara untuk mengharumkan nama bangsa dan negara," ucap Presiden.

"Satu hal yang lebih penting selain meraih medali SEA Games adalah Saudara sekalian menunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang bisa bersaing, bangsa yang bermental pemenang yang menjunjung tinggi fairplay, disiplin, jadilah sumber inspirasi sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia," pesan Presiden.

© Kemenpora
Pelepasan Kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia. Copyright: KemenporaPelepasan kontingen SEA Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia.

Selain itu, Jokowi juga mengibaratkan ajang SEA Games kali ini dapat dijadikan sebagai batu loncatan menuju Asian Games. Jokowi pun menunggu lagu kebangsaan dan bendera Indonesia dapat berkibar di Malaysia.

"Selamat berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia, dari Tanah Air saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA Games XXIX Malaysia dan bendera Merah Putih berkibar dengan gagah mewakili kebanggaan bangsa Indonesia," harap dia.

SEA Games XXIX/2017 mempertandingkan 38 cabang olahraga, memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak, dan 529 medali perunggu. SEA Games juga dimanfaatkan sebagai persiapan bangsa Indonesia menyongsong Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. 

© Kemenpora
Pelepasan Kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia. Copyright: KemenporaPelepasan kontingen SEA Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia.

Turut hadir pada acara pelepasan ini para Menteri Kabinet Kerja, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, para pejabat eselon I, II Kemenpora, Ketua KOI Erick Thohir, CdM Kontingen Indonesia Aziz Syamsuddin, Ketua Umum KONI, dan Kasatlak Prima. 

1