Sempat Ragu, Filipina Putuskan Jadi Tuan Rumah SEA Games 2019

Sabtu, 19 Agustus 2017 01:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Kemenpora
Pelepasan Kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia. Copyright: © Kemenpora
Pelepasan Kontingen Sea Games Kuala Lumpur 2017 di Malaysia.

Filipina menyatakan diri untuk menjadi tuan rumah SEA Games 2019, setelah sebelumnya pemerintah Filipina sempat memutuskan untuk menarik diri sebagai tuan rumah di ajang olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut.

Komisi Olahraga Filipina (PSC) kala itu memberikan pernyataan kepada Dewan Olimpik Filipina bahwa pembatalan berkaitan dengan masalah anggaran dan keamanan dalam negeri.

"Berkaitan dengan situasi terkini di Marawi, Mindanao dan masalah terorisme, dengan menyesal kami memberitahu  bahwa kami tidak bisa menjadi tuan rumah pesta olahraga dua tahunan tersebut," ucap William Ramirez selaku ketua PSC, kala itu.

Namun kini dilansir dari Stadiumastro, dalam pertemuan Komite Federasi SEA Games di Kuala Lumpur pada hari Jumat (18/08/17) memutuskan bahwa pihak Filipina berkeyakinan tinggi untuk tetap menjadi tuan rumah ajang olahraga dua tahunan tersebut.

© mb.com.ph
Jose Cojuanco Junior (kanan), dan William Ramirez. Copyright: mb.com.phJose Cojuanco Junior (kanan), dan William Ramirez.

“Kami telah menerima pengakuan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) atas keberhasilan menyelenggarakan SEA Games 2005 menggunakan anggaran yang diberikan oleh pemerintah Filipina,” ujar Jose Cojuangco Junior, Presiden Komite Olimpiade Filipina.

Selain itu, Jose juga menjabarkan jika saat ini pihaknya tengah membahas anggaran untuk menyelenggarakan perhelatan SEA Games 2019 nanti.

Di tempat pertemuan yang sama, disahkan pula Vietnam sebagai tuan rumah SEA Games 2021 dan Kamboja akan menjadi tuan rumah SEA Games 2023.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
67%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%