Berjalan Meriah, Masyarakat Ingin GPN Palopo Jadi Agenda Tahunan

Senin, 21 Agustus 2017 08:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Zainal Hasan/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara 2017. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara 2017.

Gowes Pesona Nusantara 2017 di Kota Palopo, Sulawesi Selatan telah berakhir pada Minggu (20/08/17) siang ini. Lebih dari 5.000 peserta penuh semangat mengayuh sepedanya, menempuh jarak yang cukup jauh yakni 17 km.

Meski harus menaklukkan jarak yang cukup jauh, namun acara Gowes Pesona Nusantara kali ini mendapat antusias yang cukup tinggi. Bahkan Wali Kota Palopo dan masyarakat Palopo berharap kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan.

Wali Kota Palopo, Judas Amir ingin agar acara sepeda bareng atau gowes bisa kembali berlangsung pada kesempatan lain. Karena selain aspek kesehatan yang didapat, masyarakat juga bisa saling berinteraksi sehingga meningkatkan rasa kebersamaan.

"Kita mau ini (gowes) kalau bisa diagendakan untuk tahun depan, paling tidak terkait dengan ini dan kalau tidak pas tanggalnya semoga ada agenda olahraga lainnya yang bisa dilaksanakan," ujarnya.

"Acara gowes ini juga sebenarnya mengajak masyarakat agar mau berolahraga, kan banyak juga manfaatnya. Selain kesehatan, ini juga menumbuhkan rasa kebersamaan, dari yang sebelumnya belum kenal bisa saling sapa sambil bersepeda bareng dan itu hal yang cukup bagus," tutup Wali Kota Palopo, Judas Amir.

Masyarakat pun menyambut baik apabila tahun depan, Kota Palopo kembali menggelar ajang GPN. Mereka berharap ada event olahraga lain yang juga digalakan sehingga hal itu bisa membawa generasi muda ikut terlibat dan aktif dalam kegiatan positif.

© Istimewa
Gowes Pesona Nusantara Copyright: IstimewaGowes Pesona Nusantara 2017.

"Semoga ini jadi awal yang baik, kalau bisa tahun depan bikin lagi, dan tidak hanya sepeda, acara lari misalnya kan banyak di kota-kota besar sepert itu. Dengan olahrga juga kita bisa ajak kaum muda sehingga mereka bisa keluar dari hal-hal yang tidak baik misalnya," tutur Firman yang diamini oleh rekan-rekannya.

Gowes Pesona Nusantara di Palopo kali ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Gowes Pesona Nusantara yang berlangsung di 90 etape di 34 provinsi dan kota di seluruh Indonesia dan diakhiri di Kota Magelang sebagai etape penutup yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), 9 September 2017.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Ritual sebelum Gowes Pesona Nusantara di Palopo, Sulawesi Selatan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTRitual sebelum Gowes Pesona Nusantara di Palopo, Sulawesi Selatan.

Bersamaan dengan itu terdapat Tim Inti Gowes Nusantara, yang terdiri dari para pesepeda profesional yang secara terus-menerus bersepeda menempuh lebih dari 5.000 kilometer dari Kota Sabang menuju Kota Magelang, Jawa Tengah.

Pada tiap kota dan kabupaten yang disinggahi HPN, ada juga acara pengambilan tanah dan air yang diambil dari tempat sakral untuk dibawa ke Magelang, Jawa Tengah, yang kemudian disatukan dengan dengan tanah dan air dari berbagai daerah, dan nantinya akan dijadikan satu membentuk monumen NKRI di kawasan Gunung Tidar, Magelang, pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017.