SEA Games 2017

Deretan YouTuber Top Indonesia Komentari Insiden Bendera di SEA Games

Selasa, 22 Agustus 2017 23:58 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik di buku panduan SEA Games 2017 masih hangat diperbincangkan netizen Tanah Air. Insiden ini bahkan mengundang reaksi dari para YouTuber kondang Indonesia seperti Reza 'Arap' Oktovian.

YouTuber 26 tahun ini membuat vlog khusus yang berisi pandangannya tentang insiden yang sempat membuat hubungan kedua negara serumpun ini memanas. Kocaknya, Reza mengunggah video celotehannya ini secara terbalik.

© Istimewa
Youtber, Reza Oktovian. Copyright: IstimewaYoutuber, Reza Oktovian.

"Pertama-tama, gue yakin itu bukan hal yang disengaja untuk membalikkan bendera di buku, koran, atau di mana pun. Menurut gue keterlaluan kalau disengaja. Tapi kalau nggak disengaja, jauh lebih parah, kan kita tetanggaan," celoteh Reza.

Setelah mengungkapkan kekecewaannya terhadap kejadian ini, Reza lantas menyayangkan ratusan ribu komentar masyarakat Indonesia berisi hujatan terhadap Malaysia yang tersebar di dunia maya. Menurutnya, itu bukan hal yang tepat untuk "membalas" insiden ini tak akan membuat Indonesia sebagai bangsa yang lantas layak dihormati.

"Daripada kalian buang-buang energi untuk maki-maki, lebih baik kalian support atlet-atlet kita yang sedang berjuang di sana. Daripada bikin hashtag #ShameOnYouMalaysia, kenapa gak bikin hashtag tentang bangga menjadi Indonesia," pesannya.

Reza pun juga menggandeng sejumlah Youtuber lainnya seperti Arief Muhammad, Fathia Izzati, Chandra Liow, Tommy Lim, dan Agung Hapsah.

"Kita positif saja, mungkin gak sengaja. Kita gak usah take side. Menurut saya kita sebaiknya jadi orang yang lebih dewasa. Kita maafkan, tapi jangan dilupakan," tutur Youtuber cantik, Fathia Izzati.