SEA Games 2017

Lagi, Malaysia Bikin Malu Soal Bendera di SEA Games 2017

Senin, 28 Agustus 2017 23:17 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Suasana di sekitar Stadion Bukit Jalil saat ajang SEA Games 2017. Copyright: © Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Suasana di sekitar Stadion Bukit Jalil saat ajang SEA Games 2017.

Malaysia kembali dikabarkan melakukan kesalahan terkait pencantuman negara peserta. Kali ini dilakukan oleh salah satu televisi lokal pemilik hak siar SEA Games 2017.

Saat menayangkan daftar perolehan medali sementara, sejumlah bendera dan negara peserta nampak tak sesuai. Tidak kurang ada 8 bendera peserta yang salah.

 

A post shared by Yudie Oktav (@yudie_oktav) on

Hanya Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor Leste yang benar. Sisanya, termasuk Indonesia, tertukar satu sama lain.

Menurut Says.com, kesalahan ini terjadi pada Jumat (25/08/17) lalu. Padahal televisi yang menyiarkan merupakan salah satu televisi nasional Malaysia.

Hal ini tentu membawa dampak buruk bagi penyelenggaraan SEA Games 2017. Sebelumnya, Malaysia melakukan blunder fatal dengan salah mencetak bendera Indonesia.

Bendera Kontingen Indonesia terbalik. Copyright: twitter@imam_nahrawiBendera Kontingen Indonesia terbalik.

Hal ini diketahui dari unggahan Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di akun media sosial pribadinya. Kesalahan ini terjadi di buku panduan SEA Games 2017 yang dibagikan pada acara pembukaan.

Tidak lama berselang, pihak penyelenggara dan pemerintah Malaysia melakukan permohonan maaf secara resmi kepada Indonesia. Tak hanya itu, sejumlah kecurangan juga disebut mewarnai laga di sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan.

Salah satu yang menghebohkan adalah insiden walk-outnya tim sepak takraw putri Indonesia saat menghadapi Malaysia. Pihak Indonesia mengaku merasa dicurangi oleh wasit yang disebut banyak menguntungkan pihak tuan rumah.

2