15 Ribu Pegowes Sukses Taklukkan Etape Joko Samudro

Minggu, 3 September 2017 16:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Foto bersama peserta Gowes Peson Nusantara dengan latar belakang Stadion Joko Samudro. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Foto bersama peserta Gowes Peson Nusantara dengan latar belakang Stadion Joko Samudro.

Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 akhirnya menyambangi Kabupaten Gresik. Mengambil tema Etape Joko Samudro, kegiatan ini sendiri memang terpusat di Gelora Joko Samudro yang merupakan Stadion anyar miliki masyarakat Gresik.

GPN memang terasa semarak berlangsung di Gresik, Jawa Timur. Tampak para peserta dari anak-anak hingga dewasa semangat mengayuh sepeda mereka menikmati  kultur budaya Gresik.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Atraksi Barongsai. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTAtraksi Barongsai di sela-sela GPN 2017 etape Gresik.

GPN 2017 Gresik sendiri dilepas oleh Bupati Gresik Dr. Ir  H. Sambari Halim Radianto serta Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, I Gusti Ngurah Sucitra. Dalam sambutannya Bupati Gresik berharap masyarakat Gresik semakin sehat dan terus bersatu.

"Semangat masyarakat Gresik sangat tinggi akan Gowes Pesona Nusantata. Terbukti 15 ribu peserta ikut bergowes. Tapi pesan saya tetap hati-hati dalam bergowes dan semoga semakin sehat dan terus menjaga persatuan karena kita Indonesia," ucap Sambari Halim.

Tingginya animo masyarakat Gresik bersepeda sendiri tak lepas dari kebiasaan masyarakat Gresik bersepeda. Bagi Sambari Halim hampir setiap pekan masyarakat Gresik kerap bersepeda.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Potret Gowes Pesona Nusantara. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPotret Gowes Pesona Nusantara.

"Kalau bersepeda sudah terbiasa memang kita lakukan. Setiap pekan bersama Pak Wabup kita kerap bersepeda sambi sidak demi kemajuan Gresik," tambah dia.

Sementara itu, I Gusti Ngurah Sucitra, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora mengaku terkesan akan meriahnya GPN di Gresik. Baginya semangat masyarakat Gresik bersepeda dapat menjadi panutan.

"Cukup terkesan dengan semangat Gresik. Dengan peserta 15 ribu itu menjadi peserta terbanyak. Ini menjadi penyemangat kita untuk terus bersepeda," tambah Sucitra.

Gowes Pesona Nusantara sendiri audah memasuki etape puncaknya. Setelah melewati 90 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia, GPN tahun ini akan bermuara di Hari Olahraga Nasional, 9 Sepetember mendatang di Magelang.