Menpora Ingin Bangun Kota Olahraga, Apa Kabar Olympic Center di Cibubur?

Kamis, 7 September 2017 13:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi bermimpi untuk membangun sebuah kota percontohan olahraga setelah melihat persiapan dan hasil buruk Indonesia di SEA Games 2017. Untuk merealisasikan rencana tersebut, Menpora menjelaskan pihaknya kemungkinan membutuhkan area seluas 300 hektare.

Imam Nahrawi menjelaskan kalau ide dan rencana itu muncul setelah mendapatkan laporan latihan dari para atlet elite (saat melakukan persiapan menuju SEA Games 2017) tersebar di banyak kota dan provinsi.

© Info Kemenpora
Menpora, Imam Nahrawi saat mengambil sumpah dan melantik  Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Kemenpora, Jumat (19/05/17). Copyright: Info KemenporaMenpora, Imam Nahrawi tengah berencana membangun sebuah Kota Olahraga.

"Saya ingin Indonesia punya 300 hektare sebagai tempat untuk semua cabang olahraga. Jadi untuk multi event kami akan camp-kan atlet di sana. Ada wisma atlet, ada tempat berlatih, dan tempat belanja. Sehingga semua atlet Indonesia akan bermimpi masuk ke tempat itu. Indonesia belum punya itu," ujar Menpora seperti dikutip dari detikSport.

Rencana dan ide Menpora tersebut memang sedikit mengejutkan, pasalnya belum lama ini, pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah getol untuk merealisasikan pembangunan Olympic Center atau kompleks olahraga di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

© Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi mendirikan Olympic Center tersebut untuk menanggapi Presiden agar Kemenpora prioritas terhadap cabang olahraga Olimpiade. Copyright: KemenporaMenpora Imam Nahrawi mendirikan Olympic Center tersebut untuk menanggapi Presiden agar Kemenpora prioritas terhadap cabang olahraga Olimpiade.

Sejatinya, pembangunan Olympic Center termasuk gedung tiga lantai sebagai tempat latihan cabor-cabor, yang merupakan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, telah rampung dilakukan. Namun, pembangunan tak bisa diselesaikan. Kemenpora memiliki prioritas lain.

"Sebenarnya 2016 kami sudah merencanakan itu dengan membangun Olympic Center di Cibubur. Kami punya kawasan delapan hektare, ada GOR, rumah sakit olahraga, lapangan. Semua sudah kami rencanakan. Tapi, karena prioritas Asian Games jadi kami geser perencanaan itu," jelas Menpora.