Jelang Asian Games, Karate Indonesia Datangkan Pelatih dari Jepang

Jumat, 15 Desember 2017 08:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Institut Karate-Do Nasional Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Institut Karate-Do Nasional

Tim Karate Indonesia berada dalam naungan Institut Karate-Do Nasional terus berupaya meningkatkan kualitas. Kini mereka berencana mendatangkan pelatih karate langsung dari Jepang.

Hal ini seperti diutarakan oleh, Ketua Umum Institut Karate-Do Nasional (INKANAS) Jenderal Pol (Purn) Badrodin Haiti. Baginya hal ini tak lepas dari jalinan kerjasama Indonesia dan Jepang yang terus harmonis belakangan ini.

"Jepang selalu mendukung Indonesia dan Kepolisian melalui Badan Kerjasama Internasional Jepang atau yang lebih sering dikenal sebagai JICA (Japan Internasional Cooperation Agency) dan diharapkan kedepannya dapat juga memberikan dukungan terhadap prestasi olahraga Karate di Indonesia," ucap Badrodin.

© Lanjar Wiratri/INDOSPORT
Pelatnas karate SEA Games. Copyright: Lanjar Wiratri/INDOSPORTPelatnas karate SEA Games.

Bagi pria yang juga mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) ini melihat Karate Indonesia akan menghadapi event akbar. Setidaknya ada dua agenda penting yang akan disongsong Karate Indonesia yaitu Asian Games yang akan dilaksanakan tahun depan di Indonesia dan juga Olimpiade Tokyo 2020 di mana karate untuk pertama kalinya akan dipertandingkan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi Karate di Indonesia dan mempererat hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia yang tahun depan mencapai usia yang ke 60 tahun," jelas Badrodin.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Institut Karate-Do Nasional Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTInstitut Karate-Do Nasional

Sementara itu, Public Relation PB INKANAS, Ricky Muchtar, mengatakan bahwa Tim Karate Jepang akan berkunjung ke Bandung untuk mengikuti kegiatan Indonesia Karate Shoto Open Tournament and Seminar yang akan berlangsung di Sasana Budaya Ganesha tanggal 15-17 Desember 2017.

"Kegiatan tersebut akan dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian selaku Pembina INKANAS pada Sabtu 16 Desember 2017 pukul 10.00 WIB," tutupnya.