Selain Bulutangkis, Beberapa Cabor Ini Berpotensi Sumbang Emas di Asian Games 2018

Rabu, 3 Januari 2018 03:38 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Kontingen Indonesia menargetkan mendulang banyak medali emas pada Asian Games 2018 mendatang. Hal itu sebagai pengejawantahan target Indonesia untuk finis di 5 besar klasemen akhir Asian Games 2018. 

Untuk itu Tim Verifikasi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah merekomendasikan 16 dari 40 cabang olahraga yang berpeluang meraih medali emas di Asian Games 2018.

"Hasil kesimpulan setelah menyeleksi proposal program pelatnas induk organisasi olahraga yang sudah diserahkan kepada Kemenpora, antara 16 sampai 20 cabang olahraga berpeluang medali emas. Selebihnya, meraih medali perak dan perunggu," kata Ketua Tim Verifikasi Adhi Purnomo, Selasa (02/01/18).

Adapun yang berpeluang meraih medali emas tersebut, kata Adhi, adalah cabor dengan nomor yang dipertandingkan diikuti kategori atlet elit international dan regional seperti bulutangkis yang menurutnya dua nomor berpeluang medali emas.

© Vidio.com
Iwan Bidu Sirait meraih emas di cabor karate. Copyright: Vidio.comIwan Bidu Sirait meraih emas di cabor karate SEA Games 2017.

"Selain itu ada juga boling satu emas, jetski dua emas, panahan satu emas, wushu satu emas, karate satu emas," ujarnya.

Adhi juga mennyebutkan, cabor prioritas emas yang diusulkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tidak semua menjadi prioritas emas, seperti sepak takraw serta berkuda yang nomornya tidak memiliki elit internasional.