Liga Indonesia

Guna Menunjang Asian Games 2018, Stadion Pajajaran Direnovasi

Selasa, 2 Januari 2018 05:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Persiapan Asian Games 2018 semakin dikebut pengerjaannya. Selain mempersiapkan venue utama di Jakarta dan Palembang, beberapa fasilitas penunjang di Jawa Barat juga ikut di renovasi. 

Selain Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, ada satu stadion lagi di Jawa Barat yang direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018. Stadion tersebut adalah Stadion Pajajaran yang berlokasi di Kota Bogor. Stadion yang dibangun pada tahun 1967 ini akan menjadi sarana penunjang Asian Games 2018. 

Stadion Pajajaran akan mulai direnovasi pertengahan bulan Januari 2018 ini, dan akan dikebut pengerjaannya hingga bulan Juli 2018 mendatang. Kepastian renovasi yang akan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor, Eko Prabowo, Jumat (29/12/17) lalu dilansir dari Antara. 

"Kemarin tim dari Kementerian PU-PR sudah meninjau dan mengecek Stadion Pajajaran, rencananya akan direnovasi berstandar FIFA," ucap Eko Prabowo. 

Menurut Eko recana renovasi tersebut mengabulkan impian masyarakat Kota Bogor untuk memiliki stadion berstandar internasional yang dapat menjadi kebanggaan. Karena selama ini kondisi Stadion Pajajaran cukup memprihatinkan, terutama saat turun hujan. Karena sebenarnya rencana revitalisasi Stadion Pajajaran sudah ada sejak tahun 2015 lalu. Dalam sebuah maket perencanaan kapasitas stadion direncanakan bertambah menjadi 20.000-30.000 dari kapasitas sekarang yang sekitar 12.000 penonton.

© internet
Maket rencana renovasi Stadion Pajajaran. Copyright: internetMaket rencana renovasi Stadion Pajajaran.

Renovasi Stadion Pajajaran rencananya meliputi lapangan, tribun, track lari, ruang ganti pemain, serta pagar tribun. Selain itu pencahayaan akan diperkuat menjadi 1800 lux, tak ketinggalan bangku cadangan atau bench standar internasional seperti jok mobil. 

Stadion Pajajaran sendiri akan menjadi lokasi latihan bagi negara-negara peserta Asian Games 2018 cabang olahraga sepakbola. Sedangkan untuk pertandingan akan dilangsungkan di Stadion Pakansari. 

12