Kemenpora Sebut 29 Negara Jadi Peserta Sepakbola Asian Games 2018

Rabu, 3 Januari 2018 14:07 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana.

Wakil Ketua II Inasgoc Gatot Dewa Broto memperkirakan jumlah peserta yang akan ikut berlaga dalam cabang olahraga sepakbola di Asian Games 2018 ini mencapai 29 negara. Sama seperti jumlah peserta Asian Games 2014 lalu di Incheon, Korea Selatan. 

"Kemungkinan akan sama seperti saat di Asian Games Incheon 2014," ungkap Gatot yang juga Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, dikutip Republika, terkait jumlah negara peserta cabor sepakbola dalam ajang akbar tersebut. 

© Info Kemenpora
Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto saat memimpin rapat laporan hasil evaluasi Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 Baku, Azerbaijan di Kantor Kemenpora. Copyright: Info KemenporaSesmenpora, Gatot S Dewa Broto saat memimpin rapat laporan hasil evaluasi Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 Baku, Azerbaijan di Kantor Kemenpora.

Gatot memang tak menampik bahwa multicabang sepakbola selalu menjadi cabor yang mengundang partisipasi paling banyak. Tahun ini, Komite Olahraga Indonesia dan INASGOC lah yang menentukan negara-negara mana yang akan berpartisipasi dalam cabor tersebut.

Namun untuk negara-negara mana yang akan berpartisipasi dalam cabor tersebut, masih enggan disebutkan oleh Gatot. Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI) sendiri menargetkan timnas Garuda Indonesia menembus empat besar hingga mampu mencapai semi final Asian Games.

© Lanjar Wiratri/INDOSPORT
Caption Copyright: Lanjar Wiratri/INDOSPORTGatot Dewa Broto 

Di sisi lain, kontingen Indonesia menargetkan mendulang banyak medali emas pada Asian Games 2018 mendatang. Hal itu sebagai pengejawantahan target Indonesia untuk finis di 5 besar klasemen akhir Asian Games 2018. 

Untuk itu Tim Verifikasi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah merekomendasikan 16 dari 40 cabang olahraga yang berpeluang meraih medali emas di Asian Games 2018.

"Hasil kesimpulan setelah menyeleksi proposal program pelatnas induk organisasi olahraga yang sudah diserahkan kepada Kemenpora, antara 16 sampai 20 cabang olahraga berpeluang medali emas. Selebihnya, meraih medali perak dan perunggu," kata Ketua Tim Verifikasi Adhi Purnomo, Selasa (02/01/18).

Adapun yang berpeluang meraih medali emas tersebut, kata Adhi, adalah cabor dengan nomor yang dipertandingkan diikuti kategori atlet elit international dan regional seperti bulutangkis yang menurutnya dua nomor berpeluang medali emas