Semua Atlet Cabor Asian Games 2018 Wajib Jalankan Pelatnas Mulai Januari

  • KONI menilai waktu persiapan cabang olaharaga menuju Asian Games semakin sempit.
  • Semua cabang olahraga tidak boleh mununda jadwal pemusatan latihan.
Selasa, 9 Januari 2018 01:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arief Setiadi/INDOSPORT
Spanduk Asian Games 2018. Copyright: © Arief Setiadi/INDOSPORT
Spanduk Asian Games 2018.

Ajang Asian Games 2018 tinggal hitungan beberapa bulan ke depan. Untuk itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Tono Suratman dan Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Komjen Polisi Syafruddin, segera menetapkan agar semua cabang olahraga yang terlibat di Asian Games harus segera memulai pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Hal itu dijelaskan saat keduanya melakukan pertemuan di Kantor Koni Pusat, Jakarta, Senin (08/01/18). Percepatan Pelatnas bagi semua cabor itu ditetapkan segera di mulai pada bulan ini.

"Hari ini ada rapat koordinasi pemenangan untuk mendapatkan hasil di Asian Games 2018 dan dari hasil pembicaraan kita sepakat waktu sangat penting untuk percepat proses Pelatnas. Maka kita akan siapkan komando taktis buat support CdM terutama dalam urusan SDM (sumber daya manusia), sehingga kita bahu-membahu mengenai prestasi," ujar Tono Suratman.

© Istimewa
Syafruddin (kiri) dan Ketua KONI Pusat Tono Suratman. Copyright: IstimewaSyafruddin (kiri) dan Ketua KONI Pusat Tono Suratman.

Sementara itu, CdM Indonesia, Syafruddin mengatakan saat ini baru ada 28 cabang olahraga yang sudah intens melakukan Pelatnas sejak 2017 lalu. Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakapolri tersebut, saat ini sudah tidak ada kata menunda Pelatnas bagi cabor peserta Asian Games lainnya, lantaran waktu yang dimiliki semakin sempit.

"Setelah semua peserta cabang olahraga dibangun KONI dan Kemenpora baru saya yang akan pimpin mereka (atlet). Saya sudah dapat data dari 40 cabang olahraga yang ikut, baru 28 yang sudah melakukan Pelatnas sampai Desember kemarin dan akan lanjut," ucapnya.

"Sisanya harus segera mulai Pelatnas. Semua stakeholder yang terlibat bulan ini juga harus memastikan ada Pelatnas," tegas Syafruddin.