Sosialisasikan Asian Games di Tingkat Pelajar, Sumatera Selatan Siapkan 14 Bus

Jumat, 26 Januari 2018 04:51 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Isman Fadil
© Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Logo cabang olaharaga di bus TransJakarta. Copyright: © Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Logo cabang olaharaga di bus TransJakarta.

Sosialisasi Asian Games 2018 tengah gencar dilakukan di Sumatera Selatan. Gebrakan dilakukan Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin, guna mengaungkan olahraga terakbar se-Asia tersebut. Kali ini pemerintah Provinsi Sumsel melakukan sosialisasi dengan cara yang unik dengan menyiapkan 14 bus untuk keliling kawasan olahraga di Jakabaring Sport City (JSC).

Hal ini diungkapkannya saat bertatap muka dengan  ribuan pelajar berasal dari lima kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel di antaranya adalah Empatlawang, Lahat, Pagaralam, Lubuklinggau, Musirawas di Griya Agung, Rabu (24/01/18). 

Pelopor sekolah gratis itu mengatakan, sosialisasi ini akan terus digiatkan mengingat banyak masyarakat di pelosok yang belum tahu bahwa Sumsel merupakan tuan rumah kompetisi olahraga yang diikuti 45 negara tersebut.

Selain itu, Asian Games juga mendatangkan berkah. Provinsi Sumsel mendapat tiga ruas jalan tol, penambahan jembatan musi, underpass, pembangunan rumah sakit bahkan yang paling spektakuler ia menyebut berkah Asian Games adalah pembangunan kereta cepat ringan (light rail transit). 

© alexnoerdin.info
Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Copyright: alexnoerdin.infoGubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

"Yang saya sebutkan tadi itu tidak dibangun dengan uang sendiri atau APBD semua itu dibangun dengan dana APBN dan pihak swasta. APBD hanya pemancing saja, kalau tidak ada Asian Games tidak akan ada LRT karena itu sangat mahal. LRT adalah angkutan massal untuk memecahkan masalah dimana berdasarkan hasil studi Palembang akan macet total pada tahun 2020," kata Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Sumsel sendiri hanya bermodalkan kepercayaan diri, tekad yang kuat dan JSC. Jakabaring tahun 2010 masih rawa-rawa di tengah Kota Palembang. Dalam waktu 11 bulan Pemerintah Provinsi Sumsel berkerja keras menyulap rawa-rawa menjadi Kota Olahraga Internasional, yang saat ini juga ditunjuk sebagai kawasan wisata olahraga. 

© Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Logo cabang olaharaga di bus TransJakarta. Copyright: Annisa Hardjanti/INDOSPORTLogo cabang olaharaga di bus TransJakarta.

"Anak-anak sudah lihat belum JSC, kalau belum sebelum pulang ini keliling JSC, kita siapkan bus. Silakan lihat dan rasakan sendiri berada di tempat penyelenggaraan Asian Games mendatang," tuturnya.

Dikatakan Alex, Provinsi Sumsel terus menggelar event-event baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan ASEAN University Games 2014. Provinsi Sumsel baru-baru ini menggelar beberapa event internasional. Sebanyak 39 kejuaraan internasional berlaga di JSC.