Perjalanan Panjang Advent Bangun di Dunia Karate

Sabtu, 10 Februari 2018 10:37 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

Aktor legendaris, Advent Bangun punya perjalanan yang cukup panjang dalam perhelatannya di olahraga karate. Namun ada satu momen dimana akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan cabang olahraga bela diri tersebut. 

Advent Bangun lahir di Kabanjahe, Sumatera Utara, 12 Oktober 1952. Aktor yang juga sering berperan  antagonis tersebut sejak usia muda sudah mencintai olahraga bela diri karate. Tahun 1971, tercatat dirinya meraih juara nasional karate. 

Suami dari Lois Riani Amalia Sinulingga itu tercatat masuk dalam lima besar karateka besar kelas dunia dalam ajang kompetisi karate terbesar dunia World Games di Santa Clara, Amerika Serikat, pada 1981. Selain itu, Advent yang juga dikenal membintangi sederet film era 70an hingga 90-an tersebut juga sempat meraih juara ketiga di Asia Pasifik II pada 1976 dan Asia Pasifik V pada 1983 di Nagoya, Jepang untuk kelas 80 kilogram lebih.

Advent Bangun mengakui bahwa dirinya adalah sosok yang begitu tempramental. Sang istri Lois sendiri pun tak menampik kenyataan tersebut. Sang suami seringkali melampiaskan amarah padanya.

“Sesudah menikah, saya kaget karena saya mengenal dia tidak cukup lama. Hanya selama enam bulan. Selama saya mengenal itu, saya lihat dia bisa sabar menunggu saya pulang kantor," ungkap sang istri, dikutip dari Jawaban.com.

"Ternyata tidak sepenuhnya seperti itu. (Sesudah menikah) waktu pergi ke mall atau ke supermarket, rupanya dia menunggu saya kelamaan. Saya datang, dia langsung marah, dan langsung banting pintu,” sambungnya. 

© Istimewa
Advent Bangun. Copyright: IstimewaAdvent Bangun.

Namun pada suatu momen di gereja, ada hal yang berhasil mengubah tabiat buruk Advent menjadi sosok pria yang jauh lebih baik. Menyadari segala kesalahannya, ia menjadi seorang pria yang taat beragama. Advent yang dulu menganggap karate sebagai Tuhannya, usai momen tersebut, akhirnya memutuskan hubungan dengan kesenangannya itu. Ia pun berfokus melakukan pelayanan keagamaan dan masih aktif menjadi seorang aktor.

Kini Advent Bangun beristirahat dengan tenang di Surga usai dirinya berpulang pada Sabtu (10/02/18) ini, tepatnya pukul 02.35 pagi tadi. Ia meninggal usai kondisi kesehatannya melemah akibat gagal jantung yang dideritanya cukup lama. Selamat jalan, Advent Bangun!