Tekuni Karate Sewaktu Muda, Advent Bangun Pernah Dijuluki Dokter Gigi

Jumat, 19 Januari 2018 09:54 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Bagi pencinta film laga Indonesia era 80-an, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama salah satu aktornya, Advent Bangun. Selama menjadi aktor, pria kelahiran 12 Oktober 1952 tersebut setidaknya sudah membintangi lebih dari 20 judul film, sebut saja seperti Kelabang Seribu (1987) dan Siluman Kera (1988).

Namun, sebelum menekuni profesi sebagai aktor, Advent mengaku sangat menekuni karate. Seni bela diri asal Jepang ini juga yang membuat Advent bisa tampil maksimal saat membintangi setiap film laga.

© Tempo
Advent Bangun, aktor yang juga atlet karate Copyright: TempoAdvent Bangun, aktor yang juga atlet karate.

Bagi Advent sendiri, karate memiliki tempat yang spesial di hatinya. Sebelum mengalami pertobatan dan akhirnya memutuskan menjadi seorang pendeta, Advent pernah menganggap karate seperti agama.

"Dulu Tuhan saya itu karate dan film. Pagi, siang, sore, malam saya latihan terus. Kalau orang latihan satu jam, saya dua jam. Kalau yang lain latihan dua jam, saya empat jam. Prinsip saya itu dari dulu memang harus selalu nomor satu," kenang Advent dalam sebuah wawancara dengan Detik pada 2012 lalu.

Dalam kesempatan itu, Advent pun menceritakan ada hal tersendiri yang membuatnya sangat tekun berlatih dan bertanding karate.

"Saya itu dulu tanding karate kayak pelampiasan dendam saja. Amarah rasanya terlampiaskan kalau lawan tumbang. Saya itu sempat dapat julukan dokter gigi, karena sering mematahkan gigi lawan," paparnya.

© Istimewa
Advent Bangun tengah terbaring di rumah sakit. Copyright: IstimewaAdvent Bangun tengah terbaring di rumah sakit.

Perlu diketahui, Advent sendiri saat ini sedang terbaring di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Penyakit gagal ginjal yang ia derita membuat tubuh kekarnya menjadi kurus dan lemah.