Gawat! Gara-gara Tidak Sesuai Standar, 2 Nomor Ini Terancam Dicoret dari Asian Games 2018

Senin, 12 Februari 2018 21:08 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INTERNET
Ilustrasi lompat jauh. Copyright: © INTERNET
Ilustrasi lompat jauh.

Cabang olahraga atletik tengah mendapat sorotan. Khususnya untuk nomor lompat jauh dan lompat jungkit.

Bagaimana tidak, karena kesalahan sedikit, dua nomor ini terancam dicoret di ajang Asian Games 2018. Hal ini dikarenkan letak bak lompat jauh dan lompat jungkit yang dinilai terdapat kesalahan.

Kedua bak lompat tersebut diniali tidak sesuai standar keamanan karena letaknya yang terlalu mepet dengan dinding pembatas. Hal ini seperti diutarakan oleh Technical Delegate (TD) Asian Games 2018, Kotta Walson.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stadion Madya menjadi salah satu venue Asian Games 2018 cabang atletik. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTStadion Madya menjadi salah satu venue Asian Games 2018 cabang atletik.

"Arena ini wajib diganti. Jika tidak sulit bagi kami untuk mengizinkan dilansgungkan di sini. Karena bagi kami adalah keselamatan para atlet," ucap Kotta.

Ancaman Kotta bukan isapan jempol belaka. Dia juga sejatinya sudah memberikan komplain ini sejak masa pembangunan yang dilontarkan kepada Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat.

"Saya sudah lebih dulu memantau fasilitas di sini sejak tiga bulan sebelumnya. Saya sudah mengingatkan bila ini berbahaya," tegas dia.

Jika masalah ini tak bisa diselesaikan hingga waktu Asian Games 2018 digelar, pria asal India tersebut terpaksa takkan memberi rekomendasi. Karena yang terpenting baginya adalah keselamatan para atlet.

"Saya harus merespons demi atlet, demi keamanan mereka, dan jika berbahaya seperti ini saya tidak bisa merekomendasikan kejuaraan ini," tutup Kotta.