Hancurkan Jepang di Final, Iran Raih Trofi ke-12 di AFC Futsal

Senin, 12 Februari 2018 13:21 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AFC
Iran sukses menyabet gelar ke-12 di AFC Futsal. Copyright: © AFC
Iran sukses menyabet gelar ke-12 di AFC Futsal.

Timnas Futsal Iran berhasil mempertahankan gelar juaranya pada tahun ini setelah mengalahkan Jepang di partai puncak Piala Asia 2018. Bermain di Xinzhuang Gymnasium, New Taipei City, Iran berhasil menghancurkan Jepang dengan skor 4-0.

Meski laga berkahir dengan skor yang cukup telak, namun pertarungan antara dua raksasa futsal Asia tersebut menunjukkan permainan sengit. Kedua kubu menunjukkan permainan bertekanan tinggi sejak awal laga.

Jepang pun sebenarnya memiliki peluang emas lebih dulu pada laga terkahir Piala Futsal Asia 2018. Pada menit ke-17, Ryosuke Nishitani berhasil mengancam gawang Iran. Namun sayang, usahanya hanya membentur mistar gawang.

Selang beberapa menit, malah Iran yang mencetak angka. Ali Asghar Hassanzadeh menjadi pembuka keran gol Iran pada laga ini. Berkat gol tersebut, Iran pun bermain di atas angin sepanjang laga.

© AFC
Iran Copyright: AFCIran vs Jepang.

Iran pun semakin memperlebar jaraknya usai Farhad Tavakoli mencatatkan namanya di papan skor. Hassanzadeh pun kembali mencetak gol ketiga bagi Iran setelah sebelumnya Hossein Tayyebi menutup pesta gol Iran.

Pelatih futsal Iran, Mohammad Nazemasharieh mengaku sangat gembira dengan keberhasilan negaranya meraih trofi ke-12 sepanjang sejarah turnamen tersebut. Keberhasilan ini pun menjadi gelar kedua bagi Nazemasharieh saat menukangi Iran.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih terlebih dahulu atas semua pihak yang telah membantu kami sampai di sini. Saya adalah orang paling bahagia di stadion sekarang. Saya bangga dengan pemain saya, tapi saya juga ingin menyatakan bahwa setiap tim di sini menghormati kami," ujarnya seperti dikutip AFC.