Trauma PON, KPI Bakal Sensor Cabor Renang Asian Games 2018?

Jumat, 23 Februari 2018 09:01 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Internet
Perenang PON Jabar 2016 Copyright: © Internet
Perenang PON Jabar 2016

Masih lekat dalam ingatan PON XIX Jawa Barat 2016 lalu disorot oleh penggemar olahraga seluruh Indonesia. Bukan hanya laga dalam setiap cabang olahraga (cabor) melainkan juga peristiwa yang menyertainya. Termasuk sensor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di cabor tersebut.  

Jadi, salah satu televisi swasta menayangkan salah satu atlet memakai baju renang di pinggir kolam. Badannya disamarkan dan ini mengundang protes banyak orang. Bahkan warganet mengatakan bangsa ini terlalu gampang berahi sehingga apa pun dikaitkan dengan nafsu seksual, demikian seperti dilansir dari Republika.

© Tribun
Sensor perenang Indonesia pada PON XIX Jawa Barat, 2016 Copyright: TribunSensor perenang Indonesia pada PON XIX Jawa Barat, 2016

Namun saat itu KPI menuding Lembaga Penyiaran yang melakukan sensor. Bahkan KPI memberikan penjelasan kepada publik terkait tayangan sensor tersebut. KPI menitikberatkan pada pengambilan gambar agar lebih bijak dan tidak berkesan mengeksploitasi tubuh para perenang, terutama atlet perempuan.

"Prinsipnya KPI tidak ada niatan mengekang semangat pemberitaan maupun kreatifitas tayangan Namun harus dihindari adanya eksploitasi tubuh, khususnya perempuan dalam berbagai tayangan," ujar anggota KPI Pusat koordinator bidang pengawasan isi siaran, Hardly Stefano.

Apakah penyensoran yang sama juga akan berlaku pada Asian Games nanti?

© Tribun
Sensor perenang Indonesia pada PON XIX Jawa Barat, 2016 Copyright: TribunSensor perenang Indonesia pada PON XIX Jawa Barat, 2016

Dari lansiran Media Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan tidak akan menyensor gambar apa pun di Asian Games 2018 terutama cabor renang. "Pemerintah tak akan membuat aturan sensor seperti itu di Asian Games nanti," ujar Rudiantara ketika menghadiri peringatan Hari Penyiaran nasional ke-84 tahun lalu di Bengkulu.

Aturan sensor sebenarnya bukan dari pemerintah melainkan kebijakan stasiun televisi. Bahkan KPI tidak membuat aturan seperti itu lantaran olahraga termasuk tayangan yang ikut mencerdaskan bangsa. 

Karena itulah penggemar olahraga tidak perlu khawatir. Tidak akan ada lagi polemik sensor karena penayangan gambar atlet dengan busana terbuka bukan berarti eksploitasi tubuh.

© Al Bello/Getty Images
Caption Copyright: Al Bello/Getty Imagesilustrasi cabang olahraga renang
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%