Meski Menang, Atlet Cantik Rusia Ini Menangis Gagal Kibarkan Bendera Negaranya

Sabtu, 24 Februari 2018 23:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Image
Evgenia Medvedeva Copyright: © Getty Image
Evgenia Medvedeva

Dua atlet asal Rusia berhasil menjadi yang teratas pada cabang olah raga  figure skating nomor tunggal putri di Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang, Korea Selatan. Alina Zagitova berhasil meraih medali emas, sementara kompatriotnya Evgenia Medvedeva berhasil menyabet medali perak, Jumat (23/02/18).

Namun prestasi yang seharusnya membawa kebahagian bagi keduanya jutru berubah menjadi sebuah keharuan ketika mereka diberikan mendali kemenangan. Terlebih bagi Evgenia Medvedeva, peraih perak tersebut sampai menangis tersedu dan ditenangkan oleh official yang ada di arena.

Kesedihan yang membuat wanita 18 tahun tersebut menagis karena meski berhasil meraih juara, mereka berdua tidak bisa membuat bendera negara mereka Rusia dikibarkan dalam seremoni pemberian medali, termasuk juga lagu kebangsaan mereka yang tidak diperdengarkan.

Hal tersebut terjadi tak lepas dari dilarangnya Rusia untuk berpartisipasi dalam gelaran olimpiade musim dingin 2018. Hukuman tersebut karena negara pimpinan Vladimir Putin itu terbukti menggunakan doping pada Olimpiade musim dingin sebelumnya tahun 2014  di Sochi, Rusia. Dan setiap atlet asal Rusia yang tampil di  Pyeongchang tahun ini, mereka maju membawa nama mereka sendiri sebagai individu, tanpa embel-embel dari negara mana mereka berasal.

© Sputnik International
Alina Zagitova Copyright: Sputnik InternationalAlina Zagitova

Namun berbeda dengan Medvedeva, Zagitova yang meraih medali emas justru berusaha bersikap tegar.  Zagitova  bahkan ikut menenangkan Medvedeva yang menangis. Dia sempat memberikan pernyataan tidak masalah dengan kondisi tersebut. Yang terpenting mereka bisa membuktikan diri, meski tanpa bendera dan lagu kebangsaan Rusia saat juara.

“Tidak masalah dengan keadaan ini. Orang juga tahu siapa kami, dan penonton di tribun telah membuktikannya hari ini,” ungkap Medvedeva dikutip dari Reuters, Sabtu (24/02/18).