Usai Insiden 4 Atlet Jepang, Ini Respons OCA

Rabu, 22 Agustus 2018 07:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© AFP
Atlet Basket Jepang yang terlibat Prostistusi memohon maaf di Tokyo, Senin (20/08/18). Copyright: © AFP
Atlet Basket Jepang yang terlibat Prostistusi memohon maaf di Tokyo, Senin (20/08/18).

INDOSPORT.COM - Meski sempat terjadi kasus yang mengakibatkan didepaknya 4 atlet Jepang dari ajang Asian Games 2018 pada Senin lalu, Dewan Olimpiade Asia (OCA) menilai penyelenggaraan ajang empat tahunan tersebut masih berjalan baik.

Dalam jumpa pers di Main Press Center (MPC), JCC Senayan, Jakarta, Senin (20/08/18), Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Ji Zhong menyampaikan bahwa tidak ada hal yang dikeluhkan para negara peserta lain usai terjadinya insiden tersebut. Kalaupun ada, beberapa keluhan tersebut sifatnya minor.

"Hingga saat ini, kami tidak menerima satu pun protes. Adanya hanya beberapa keluhan tapi sifatnya minor. Tapi kami mendapatkan banyak saran,"  ujar Wei, dikutip dari Pikiran Rakyat.

Sesuai petunjuk yang diberikan oleh OCA, kami bersama dengan INASGOC (Panitia Penyelenggara Asian Games 2018), berusaha memecahkan problem dalam tempo yag sesingkat-singkatnya," kata Wei.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 juga dinilai masih kondusif dari segi pelaksanaan pertandingan. 

"Minor problem sejauh ini hanya soal komunikasi. Games director OCA pun sudah memastikan jika dia siap menerima 24 jam keluh kesah peserta dan menyelesaikannya. Jadi bisa dibilang semua terkendali. Bersama dengan INASGOC, semua masih berjalan sesuai dengan treknya dan yang terbaik dalam game," tambah Wei.