Ada Peran Amerika di Balik Kemenangan China di Asian Games 2018

Jumat, 24 Agustus 2018 14:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Abdurrahman Ranala
© AP
Schubert, mantan pelatih renang Timnas Amerika Serikat Copyright: © AP
Schubert, mantan pelatih renang Timnas Amerika Serikat

INDOSPORT.COM – Mark Schubert yang merupakan mantan pelatih renang Timnas Amerika Serikat (AS) ternyata menjadi salah satu ‘dalang’ dibalik kemenangan China dalam cabang olahraga renang di Asian Games 2018.

Dilansir dari Star Sports, Schubert menjadi pelatih renang kontingen China yang baru, ia telah bekerja selama setahun sebagai penasihat paruh waktu bagi tim nasional Negeri Tirai Bambu.

Ia diberhentikan sebagai kepala pelatih Timnas AS pada 2010, karena terseret skandal pelecehan seksual yang menimpa atletnya. Schubert dianggap tak mampu melindungi dan mencegah hal tersebut.

Setelah dipecat oleh Asosiasi Atlet Renang USA, Schubert bekerja sebagai pelatih Janet Evans yang ingin melakukan comebacknya di kejuaraan dunia namun gagal. Kini, ia telah tergabung dengan atlet renang kelas dunia China.

Sebagai upayanya untuk mengharumkan China, Schubert pernah mengadakan latihan di California untuk menunjukkan gaya berlatih atlet kelas dunia. Ia juga memuji kualitas para anak asuhnya yang dinilai sudah memiliki bakat hebat, dan kemampuannya hanya perlu ditingkatkan dibeberapa teknik.

"Ini bagus untuk tim saya karena mereka dapat melihat bagaimana atlet yang sangat baik berlatih, dan mereka percaya pada saya, lalu saya tunjukkan pada mereka," kata Schubert.

“Hanya teknik-teknik kecil karena mereka sudah berbakat, seperti meluncur, berputar, menyentuh garis akhir, dan lepas landas estafet. Untuk berlatih, mereka bekerja keras. Maksud saya, mereka benar-benar bekerja keras,” sanjungnya.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT