Jepang Segera Buka Pendaftaran Relawan untuk Olimpiade 2020

Rabu, 12 September 2018 17:57 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Reuters
Miraitowa dan Someity, Maskot Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020 di Tokyo Jepang (22/07/18). Copyright: © Reuters
Miraitowa dan Someity, Maskot Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020 di Tokyo Jepang (22/07/18).

INDOSPORT.COM - Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020 akan segera membuka pendaftaran relawan untuk ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Rencananya, rekrutmen akan dilakukan secara online dimulai 26 September 2018 mendatang pada pukul satu siang waktu Jepang.

Penyelenggara membutuhkan paling tidak 80.000 relawan untuk menangani seluruh sektor acara. Kesempatan pun terbuka bagi siapa saja yang memang ingin berpartisipasi tanpa membeda-bedakan status sosial.

“Saya ingin orang-orang dari berbagai macam latar belakang untuk bergabung bersama kami. Jangan pikirkan soal usia, gender, dan kebangsaan. Kami juga terbuka bagi penyandang disabilitas,” kata wakil ketua penyelenggara, Yusuke Sakaue, seperti dikutip dari Kyodo News.

Meski demikian, penyelengara juga menetapkan dua syarat mutlak bagi para calon relawan. Dilansir dari laman resmi penyelenggara, para calon relawan harus berusia minimal 18 tahun per 1 April 2020 dan mengantongi izin tinggal di Jepang selama perhelatan berlangsung. Pendaftaran rencananya akan dibuka sampai awal Desember 2018.

Para kandidat yang terpilih nantinya akan dijamin konsumsi sehari-hari, mendapatkan seragam ,dan juga asuransi. Akan tetapi, pihak penyelenggara tidak memberikan fasilitas transportasi bagi mereka yang tinggal di luar Tokyo.

Artinya, para calon relawan yang berasal dari daerah lain harus menanggung biaya perjalanannya sendiri untuk sampai ke ibu kota.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tokyo juga akan membuka pendaftaran untuk 30.000 relawan yang akan bekerja mengatur dan menjaga kota. Beberapa tugas yang akan dilakukan para relawan kota ini nantinya adalah memberikan informasi dan juga membantu pengunjung terkait urusan transportasi.

Mereka yang berminat, dapat mengirimkan datanya melalui internet maupun pos kepada paitia selama periode pendaftaran yang akan dibuka pada 26 September 2018 tersebut.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Terbaru Seputar Olimpiade 2020 Hanya di INDOSPORT.