x

Bukan di GBK, Laga Final Sepakbola Asian Games Bakal Digelar di Jawa Barat

Selasa, 3 April 2018 09:11 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Prio Hari Kristanto
Suporter Timnas Indonesia kibarkan bendera Merah Putih di Stadion Pakansari, Bogor.

Menghabiskan biaya renovasi hingga Rp 770 milar, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) memang sudah dari jauh-jauh hari diputuskan tidak akan digunakan dalam pertandingan cabang sepakbola Asia games 2018.

Baca Juga

1. Stadion Pengganti

Stadion Patriot, Pakansari dan Si Jalak Harupa.

Sebagai gantinya, INASGOC memilih Stadion Pakansari (Cibinong), Patriot Chandrabhaga (Bekasi), Wibawa Mukti (Cikarang) dan Si Jalak Harupat (Bandung), juga Gelora Bandung Lautan Api yang dipersiapkan sebagai alternatif. 

Sementara, untuk sepakbola putri seluruh pertandingan akan berlangsung di dua stadion yang berada di Palembang. Yakni, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan stadion Gelora Bumi Sriwijaya.


2. Rumor di GBK

Lampu Stadion GBK

Meski INASGOC sudah menunjuk stadion-stadion yang akan digunakan, namun rumor sempat berhembus mengenai di mana lokasi pertandingan partai final cabang sepakbola akan berlangsung. 

Dan lagi-lagi nama GBK menjadi yang terdepan dirumorkan akan menjadi tempat puncak cabang olahraga terpopuler di Indonesia itu.


3. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari.

Menanggapi rumor tersebut, awal pekan ini Sekertaris Jendral (Sekjen) INASGOC, Eris Herryanto, tegas membantah. 

Eris menyebut pihaknya sudah berkordinasi dengan PSSI menunjuk stadion yang akan digunakan di laga final, yaitu stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

"Setahu saya, laga final di Stadion Pakansari. Ini sudah kami kesepakati dengan PSSI untuk pertandingan final tersebut," ucap Eris seperti dilansir Goal.

"Jadi tidak mungkin pertandingan final di GBK, karena di sana ada cabor atletik yang juga bertanding," pria yang berpangkat Marsekal Madya itu menambahkan.

Meski sudah menentukan di mana partai final berlangsung, pada kesempatan yang sama, pria 63 tahun itu menyebutkan bahwa pihaknya belum memastikan di mana dua partai semifinal akan berlangsung. Apakah juga di Pakansari atau di stadion lain.

Asian GamesAsian Games 2018Multi-EventStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Stadion PakansariIndonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC)

Berita Terkini